Bos Honda Benarkan Pernah Main Golf Bareng dengan Bos Yamaha

    Bos Honda Benarkan Pernah Main Golf Bareng dengan Bos Yamaha

    SHARE

    kartel harga motor honda dan yamahaMESINBALAP.com – Menarik mengikuti perkembangan isu kartel harga antara dua pabrikan besar Honda dan Yamaha. Dugaan yang dilayangkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap kedua produsen itu berujung banyak tanda tanya. Sebab jika terbukti benar jelas konsumen akan dirugikan dengan praktik semacam ini.

    Yang cukup mengejutkan dari pernyataan KPPU adalah soal petinggi Honda yang disebut-sebut melakukan pertemuan dengan petinggi Yamaha di sebuah lapangan golf. Hal ini terungkap dari bocornya dokumen email Yamaha dengan subyek Retail Pricing Issue sebagai berikut.

    “Bapak Presiden Kojima telah meminta kita untuk mengikuti kenaikan harga (motor) Honda berkali-kali sejak Januari 2014 karena perjanjiannya dengan Bapak Inuma Presiden AHM di lapangan golf.”

    Lantas apa tanggapan petinggi Honda terkait hal itu? Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, Toshiyuki Inuma, ternyata membenarkan bahwa dirinya memang bermain golf bersama dengan Presdir Yamaha Indonesia kala itu yakni Yoichiro Kojima.

    Bahkan petinggi pabrikan Suzuki dan Kawasaki juga hadir dalam acara tersebut. Namun, berbeda dengan bukti yang dibeberkan KPPU, Inuma membantah tak ada obrolan soal bisnis pada saat itu.

    “Benar kami bermain golf bersama, juga ada Suzuki, dan Kawasaki. Tapi hanya sebatas say hello, tidak membicarakan soal bisnis. Kami sama-sama mengerti untuk tidak berbicara tentang pekerjaan lebih jauh”, ujar Toshiyuki Inuma, dilansir dari Kompas Otomotif.

    Obrolan di lapangan golf saat itu menurutnya cukup singkat dan hanya sebatas menanyakan kabar masing-masing. Sebab beberapa diantaranya harus balik ke kampung halamannya di Jepang.

    Sumber: Kompas Otomotif

    KOMENTAR