Yamaha Tech 3 Bakal Dapat Seamless-Shift Gearbox?

 MotoGP Misano, Italia, Yamaha

Cal Crutchlow | Monster Yamaha Tech 3 | Misano FP2


Misano, Mesinbalap.com – Seamless-shift gearbox adalah sistem transmisi berteknologi mahal dan desainnya tidak cocok jika diaplikasikan ke motor produksi massal macam Honda CBR1000RR maupun Yamaha R1. Kini tim kelas 2 Yamaha yakni satelit Tech 3 dirumorkan bakal mendapatkan transmisi ini untuk digunakan pada unit YZR-M1 mereka.

Herve Poncharal selaku bos Yamaha Tech 3 mengatakan bahwa dirinya berharap mendapatkan gearbox ini, meskipun prioritas nomor satu tetap tim pabrikan. Sayangnya, pabrikan Garpu Tala ini belum mengklarifikasi apakah Pol Espargaro dan Bradley Smith akan mendapatkan transmisi ini. Namanya barang baru, so tim nomor satu harus menikmatinya dulu. :D

“Tanda tanya besar saat ini adalah gearbox. Kami akan memilikinya? Saya tidak bisa menjawab itu, tapi saya benar-benar berharap kami bisa memiliki gearbox tersebut karena itu adalah keuntungan besar. Tapi saya tidak bisa mengatakan 100% karena saya belum bisa menjawab”, ujar Herve Poncharal.

Yamaha seperti berada dibawah tekanan kedua jagoannya yakni Lorenzo dan Rossi, yang mendesak untuk segera menggunakan teknologi transmisi serupa seperti yang telah digunakan Honda sejak awal 2011 silam. Rencana Yamaha sebenarnya ingin menggunakannya pada tiga race terakhir, karena sudah ditimbang matang-matang.

Tapi setiap pagi setelah bangun tidur, keduanya baik Rossi dan Lorenzo selalu memohon ke Yamaha agar permintaan mereka untuk menggunakan gearbox baru ini dikabulkan. Nah di Misano pekan ini, sumringah tenan keduanya setelah mendengar permintaan mereka diamini Yamaha tapi rencana ini terkesan nekat dan gegabah jika memperhatikan ucapan Lin Jarvis.

2013 Yamaha YZR-M1 Crutchlow

“Kami akan menggunakan apapun yang ada untuk melawan Honda dalam enam seri terakhir. Jika gearbox tersebut siap untuk diuji coba besok Senin, ya mestine wes siap digunakan akhir pekan ini”, kata Jarvis dengan nada setengah optimis.

Mengenai kedua rider satelit Yamaha Tech 3 saat ini, sudah pasti Crutchlow dan Smith tidak akan bisa menikmatinya dalam enam balapan terakhir MotoGP 2013. Perangkat ini hanya siap untuk Lorenzo dan Rossi saja.

Poncharal menegaskan: “Kebijakan Yamaha sama seperti semua pabrikan lainnya yakni tim pabrik mendapatkan prioritas utama dari evolusi teknologi terbaru. Ini sudah jelas dan akan selalu tetap sama. Tahun ini, motor Cal (Crutchlow) sangat dekat dengan motor spec pabrikan dan Yamaha akan memberi kami sebuah motor yang cukup cepat supaya bisa berada di posisi lima besar dan bahkan lebih baik”.


Leave a Reply