Tragis Bener, Suzuki Malaysia Bangkrut dan Pilih Tutup Pabrik!

    Tragis Bener, Suzuki Malaysia Bangkrut dan Pilih Tutup Pabrik!

    SHARE

    Suzuki Belang R150
    Suzuki Belang R150
    MESINBALAP.com – Sebuah berita yang sangat mengejutkan dipublish oleh portal berita Nikkei Asia beberapa hari yang lalu. Berjudul “Suzuki shuts Malaysian motorbike plant as sales stall”. Yap, Suzuki Malaysia Bangkrut!

    Jelas ini berita yang membuat shock pabrikan Suzuki. Di negeri Jiran sana mereka gagal bersaing dengan rivalnya dan harus menelan pil pahit dengan menutup pabriknya di Prai, Pulau Pinang, Malaysia.

    Suzuki nampaknya tidak terlalu diminati di Malaysia dan grafik penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun. Bahkan pada tahun lalu mereka hanya memproduksi 8 ribu unit sepeda motor di Malaysia. Turun dua kali lipat dibanding produksi pada 2013 lalu.

    Alhasil untuk menekan biaya produksi, Suzuki terpaksa menutup pabriknya disana. Dan sebagai imbasnya, mereka hanya akan mengekspor sepeda motor dari Jepang dan beberapa negara lain di Asia.

    Bagaimana dengan Suzuki Indonesia?

    Ini yang masih menjadi pertanyaan mengganjal. Pasalnya penjualan Suzuki Motor Indonesia juga tidak terlalu bagus di tanah air. Produk andalannya di sektor roda dua sejauh ini cuma Satria FU Injeksi. Kabar motorsport 150cc juga masih abu-abu.

    Memang sih ada beberapa model lain, namun tidak bisa dibanggakan dalam hal penjualan seperti Suzuki Address, Nex fi, Satria F115 Young Star, Inazuma 250, dan lain sebagainya.

    Nah jika pabriknya sampai tutup, bagaimana nasib konsumen Suzuki kelak? Tentu jadi tanda tanya.

    KOMENTAR