Honda dan Yamaha Siap Berkolaborasi di Segmen Skutik di Jepang! Wah Ngeri-Ngeri...

    Honda dan Yamaha Siap Berkolaborasi di Segmen Skutik di Jepang! Wah Ngeri-Ngeri Sedap…

    SHARE

    Kolaborasi Honda dan YamahaMESINBALAP.com – Wah ngeri-ngeri sedap nih beritanya. Dua pabrikan besar asal Jepang yakni Honda dan Yamaha bersiap berkolaborasi di segmen skutik di pasar domestik Jepang. Ini kabar bukan isapan jempol belaka, melainkan benar adanya! Sorry nih artikelnya panjang gan.

    “Honda Motor Co, Ltd dan Yamaha Motor Co, Ltd hari ini mengumumkan bahwa kedua perusahaan sudah mulai berdiskusi ke arah aliansi bisnis di Kategori Kelas-1* di pasar Jepang yang meliputi skuter bermesin 50cc atau motor listrik”, tulis Honda dalam laman resminya.

    Honda menyebut Kategori Kelas-1 (Class-1 category) dalam kolaborasinya dengan pabrikan Yamaha. Kedua produsen ini menyasar segmen skutik berukuran kecil dengan mesin 50cc dan juga segmen motor listrik.

    “Kategori Kelas-1: Sebuah kategori yang didefinisikan oleh undang-undang kendaraan bermotor di Jepang sebagai kendaraan yang dilengkapi dengan dua roda atau lebih dan mesin berkapasitas total 50cc atau kurang atau motor listrik dengan nilai output 0,60 kW atau kurang.”

    Honda Giorno
    Honda Giorno

    “Melalui kolaborasi bersama Yamaha, kami akan terus menawarkan kategori produk Kelas-1 yang melampaui harapan pelanggan kami. Kami akan mencurahkan semua upaya kami untuk merevitalisasi pasar sepeda motor di Jepang dan membentuk suatu lingkungan pasar yang sanggup mempopulerkan motor listrik dalam waktu secepat mungkin”, ucap Shinji Aoyama selaku Operating Officer & Director, Honda Motor Co., Ltd.

    Yamaha Vino
    Yamaha Vino

    Akibat banyaknya pilihan jenis transportasi jarak pendek, termasuk sepeda listrik dan mocil, market kategori kendaraan bermotor Kelas-1 di Jepang telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, pabrikan disana menghadapi berbagai tantangan, termasuk kepatuhan terhadap standar keselamatan dan peraturan emisi yang menjadi lebih ketat dalam beberapa tahun mendatang, serta mengejar produk listrik.

    Honda TACT
    Honda TACT

    “Kami percaya bahwa aktifitas kolaborasi ini, yang akan dimulai sebagai aliansi OEM, akan melampaui kerangka kerja dari aliansi pasokan produk dan mengukir budaya sepeda motor masa depan di Jepang”, kata Katsuaki Watanabe selaku Managing Executive Officer & Director, Yamaha Motor Co., Ltd.

    Honda dan Yamaha paham bahwa kerjasama ini diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut di masa depan dan berdasarkan pemahaman ini, kedua pabrikan akan berusaha untuk menjalin kerjasama di kategori Kelas-1 di pasar domestik Jepang.

    Rencana Utama Kolaborasi Honda dan Yamaha:

    1. Menyediakan model skuter 50cc sebagai produk OEM (original equipment manufacturer)

    Dengan target sebelum akhir tahun 2018, Honda akan mulai memasok model skuter 50cc untuk Yamaha sebagai produk OEM yang dikembangkan dengan basis Honda TACT dan Giorno. Ini merupakan model skuter 50cc Honda yang saat ini diproduksi dan dipasarkan di Jepang. Setelah itu Yamaha akan memasarkan model ini sebagai varian model Yamaha JOG dan Vino.

    Yamaha JOG
    Yamaha JOG

    2. Joint development/Suplai OEM dari generasi terbaru model skuter bisnis 50cc

    Honda dan Yamaha kini tengah mengembangkan, memproduksi dan menjual model skuter bisnis 50cc untuk pasar Jepang yang masing-masing adalah Honda BENLY dan Yamaha GEAR. Kedua perusahaan ini akan melihat kelayakan pengembangan bersama dan suplai OEM dari Honda ke Yamaha dari generasi terbaru model skuter bisnis ini.

    3. Kolaborasi untuk mempopulerkan motor listrik di kategori Kelas-1

    Dengan tujuan untuk lebih mempopulerkan motor listrik terutama di kategori Kelas-1 di Jepang, Honda dan Yamaha kemungkinan akan berkolaborasi di bidang pembangunan fondasi yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan sepeda motor listrik seperti jarak tempuh, waktu charging, performa dan biaya.

    Yamaha GEAR
    Yamaha GEAR

    Dengan sharing pencapaian kolaborasi secara luas seperti ini dengan produsen sepeda motor lain dan industri yang relevan dalam bentuk proposal, kedua pabrikan tersebut akan berusaha untuk semakin memudahkan elektrifikasi produk sepeda motor.

    Honda BENLY
    Honda BENLY

    Dengan upaya kolaborasi di masa depan, Honda dan Yamaha akan berusaha untuk membuat kehidupan masyarakat lebih menyenangkan melalui kategori kendaraan bermotor Kelas-1 yang dapat diakses dan sarana transportasi user-friendly bagi banyak orang. Selain itu, kedua perusahaan ini juga akan bekerja sama ke arah revitalisasi lebih lanjut dari pasar sepeda motor di Jepang.

    KOMENTAR