Konsumen Lama Yamaha R15 Akan Tercederai dengan Upgrade Mesin DOHC?

    Konsumen Lama Yamaha R15 Akan Tercederai dengan Upgrade Mesin DOHC?

    SHARE
    Teknologi Mesin DOHC Turunan Yamaha R25
    Teknologi Mesin DOHC Turunan Yamaha R25

    MESINBALAP.com – Mungkinkah konsumen lama Yamaha R15 akan tercederai dengan adanya upgrade mesin SOHC ke DOHC? Good Question… Dari dulu kasmin perhatikan selalu ada yang bilang TERCEDERAI jika ada rumor sportbike Yamaha 150cc akan upgrade ke mesin DOHC.

    Apa iya sih tercederai? Sedikit sekali kemungkinan konsumen loyal Yamaha akan tercederai dengan adanya upgrade besar tersebut. Alasannya kas? Coba pakai logika terbalik kisanak, kan sudah lama sekali temen-teman FBY ngimpi pengen mesin DOHC tapi belum diturutin Yamaha sampai hari ini. Kebangetan memang kalau gak didengarin. hahaha…

    Hmmm… bukannya tercederai, paling cuma nyesel saja mereka kenapa gak beli yang keluaran terbaru R15 2017 dengan enjin DOHC. bahahaha… Justru mereka bakal merasa tercederai lagi kalau disodorin telolet SOHC lagi SOHC lagi. Sampai lumutan SOHC terus.

    Bagaimanapun generasi pertama Yamaha R15 sejak 2008 telah menggunakan mesin SOHC 150cc yang serupa dengan Vixion. Bahkan sudah sejak 2007 Yamaha setia dengan mesin Single Overhead Camshaft 150cc ini yang ditelurkan pertama kali pada Vixion alias sudah 10 tahun malang melintang. Artinya jelas sekali kisanak ini mesin sudah terlalu tua dalam kaca mata industri otomotif. Terlepas dari enjin SOHC itu juara di race Nasional.

    WAJIB DIBACA: Yamaha R15 Sudah Terlalu Usang? Harusnya Peslip atau Major Changes?

    Sehingga walaupun dalam jualannya dikasih embel-embel VVA ya tetep saja kan itu mesin SOHC. Jadi kalau mau dirombak ya jangan setengah-setengah om, lihat CBR150R yang laris manis dengan perubahan drastisnya. Meskipun ada sejumlah konsumen New CBR150R yang tercederai di angsuran pertamanya.

    All-New Honda CBR150R yang laris manis
    All-New Honda CBR150R yang laris manis (Foto: kisanak istimudt)

    Jadi kenapa harus tercederai? Nah sebenarnya konsumen yang hatinya tercederai secara tidak langsung itu adalah mereka-mereka yang baru saja beli motor kinyis-kinyis tapi sudah bermasalah di enjin. Tau kan? Om pikir sendiri om… :v bahahaha…

    KOMENTAR