New Honda MegaPro PGM-FI 2014: Harga dan Spesifikasi

 Honda, Motor, Sport 150cc

New Honda MegaPro PGM-FI 2014


MESINBALAP.com – AHM secara resmi telah merilis New Honda MegaPro PGM-FI 2014 beberapa hari yang lalu, diklaim sebagai produk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, serta melengkapi varian Honda PGM-FI lainnya. New MegaPro hadir dengan tampilan yang lebih macho dan tangguh, dengan garis-garis yang agresif. Ya meskipun desainnya tidak mendapatkan perubahan total maupun redesign, tetapi hanya revisi dan penyegaran.

New MegaPro 2014 kini dibekali mesin baru berkapasitas 150cc dengan SOHC dan dikaitkan dengan transmisi 5-speed sertateknologi PGM-FI. Soal performa, mesin baru ini diklaim memiliki performa yang responsif, lebih bertenaga tetapi tetap hemat bahan bakar. AHM menegaskan bahwa mesin baru ini sudah memenuhi regulasi pemerintah mengenai tingkat kebisingan suara knalpot dan pastinya telah lulus uji standar emisi EURO 3.

Konsumsi bahan bakarnya sendiri diklaim 46,2 km/liter (metode ECE-R40) dan ini 10% lebih irit dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sedangkan dari aspek kenyamanan, New Honda MegaPro FI ini mempertahankan keunggulan khasnya, yaitu posisi berkendara antara pijakan kaki, posisi duduk dan pegangan tangan yang nyaman saat berkendara dengan posisi badan yang tegak. Posisi berkendara ini memberi kenyamanan berkendara di segala kondisi jalan.

Soal harga, New Honda MegaPro FI bakal mulai dijual dengan banderol harga sebesar Rp 20,45 juta (OTR Jakarta) dan akan tersedia dalam empat pilihan warna yang mencakup Active White, Brave Black, Renegade Red dan Brace Blue. Rincian selengkapnya bisa dilihat pada press release dibawah.

 

AHM Rilis New Honda MegaPro FI Berdesain Terbaru dengan Teknologi PGM-FI

Jakarta – PT Astra Honda Motor kembali melanjutkan komitmennya merilis produk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dengan meluncurkan New Honda MegaPro FI berdesain terbaru yang dilengkapi teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Model sport Honda ini hadir dengan tampilan yang lebih macho dan tangguh.

New Honda MegaPro FI hadir dengan mengusung konsep Mass Forward Gravity yang menampilkan garis-garis tajam agresif. Tampilan desain terbaru diwujudkan melalui shroud baru dan side cover yang berkarakter lebih tangguh dan agresif. Perubahan ini memberi karakter gagah, bertenaga, dan menghasilkan sensasi berkendara yang sesuai untuk berpetualang di perjalanan.

Selain itu, New Honda MegaPro FI kini memiliki desain pijakan kaki baru dengan sistem gantung yang lebih sedikit menghasilkan getaran dan rear inner fender baru yang menambah kesan sporti.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan perusahaan telah memasuki tahap lanjut dari upaya pemenuhan implementasi komitmen strategi PGM-FI. Sejak memperkenalkan model injeksi pertama, Honda Supra X125 PGM-FI pada tahun 2005, hingga Desember 2013, total penjualan motor Honda berteknologi PGM-FI tercatat 4,9 juta unit. Kepercayaan konsumen terhadap model-model injeksi Honda tersebut merupakan bukti kehandalan dan kekuatan teknologi PGM-FI.

“Kami mempersembahkan New Honda MegaPro FI sebagai produk yang ke-12 dalam jajaran produk berteknologi PGM-FI. Kami mempersembahkan desain yang lebih atraktif dengan tetap mempertahankan karakter MegaPro yang macho dan tangguh, serta mengimplementasikan pengaplikasian teknologi PGM-FI yang lebih efisien dan ramah lingkungan.”

New Honda MegaPro FI hadir dengan mesin baru 150cc, SOHC, 5-Kecepatan yang telah dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Mesin baru ini memiliki performa yang bertenaga, responsif, dan hemat bahan bakar serta lebih ramah lingkungan. Mesin baru ini telah mampu memenuhi regulasi pemerintah tentang tingkat kebisingan suara knalpot dan juga memenuhi standar emisi EURO 3. Dengan diaplikasikannya teknologi PGM-FI, New Honda MegaPro FI mampu mencapai konsumsi bahan bakar 46,2 km/liter (metode ECE-R40) atau lebih irit 10% dari versi sebelumnya.

Sedangkan dari aspek kenyamanan, New Honda MegaPro FI ini mempertahankan keunggulan khasnya, yaitu posisi berkendara antara pijakan kaki, posisi duduk dan pegangan tangan yang nyaman saat berkendara dengan posisi badan yang tegak. Posisi berkendara ini memberi kenyamanan berkendara di segala kondisi jalan.

New Honda MegaPro FI ini mengaplikasikan fitur Adjustable Monoshock berperforma tinggi dengan ‘Dual-Springs System’, di mana pegas bagian bawah dapat disetel (keras, normal atau lembut) sesuai kebutuhan atau selera pemakai. Selain itu, New Honda MegaPro FI mengaplikasikan system pengereman front-rear disc brake yang menghasilkan tenaga pengereman optimal. Motor sport Honda ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti digital speedometer, secure key shutter serta fitur passing lamp yang bermanfaat untuk perjalanan jarak jauh atau turing.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman optimis dengan desain dan mesin baru berteknologi PGM-FI, New Honda MegaPro FI akan mampu menjawab kebutuhan konsumen terhadap motor sport yang tangguh, hemat bahan bakar serta nyaman dikendarai untuk aktivitas sehari-hari.

“Semangat Satu Hati mendorong kami untuk terus mengembangkan produk agar dapat memberikan manfaat baru bagi konsumen di setiap segmen. Kami yakin, New Honda MegaPro FI ini akan memuaskan konsumen sehingga dapat semakin memperkuat penetrasi kami di segmen sport.”

Honda Megapro telah dikenal masyarakat sejak tahun 2006 dengan karakteristik menarik yang dipertahankan di setiap pengembangannya dari tahun ke tahun. Model ini dikenal memiliki mesin tangguh dan hemat bahan bakar. Selain itu, daya tarik desainnya yang macho dan gagah memberi kebanggaan saat mengendarainya. Karakteristik tersebut didukung dengan fitur-fitur fungsional yang menjadikan model ini mampu menemani dan dicintai pecinta motor sport macho di Indonesia.

Model motor sport tercatat sebagai segmen yang mengalami pertumbuhan penjualan tertinggi tahun lalu. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Seluruh Indonesia (AISI), segmen ini menunjukkan grafik pertumbuhan setiap tahun dengan kontribusi yang juga terus meningkat. Sepanjang tahun 2013, penjualan segmen motor sport tercatat sebanyak 1.101.626 unit atau tumbuh 44% dibandingkan tahun 2012. Kontribusinya di pasar motor juga meningkat dari hanya 10,7% di tahun 2012 menjadi 14,2% pada tahun lalu.

Kondisi yang sama juga terjadi dengan pasar motor sport Honda. Pada tahun lalu, sepeda motor sport Honda tercatat terjual 398.574 unit atau melonjak 132,3% dibandingkan dengan tahun 2012, jauh melampaui pertumbuhan segmen motor sport nasional. Pangsa pasar Honda di segmen ini juga tumbuh signifikan dari hanya 22,4% di tahun 2012 menjadi 36,2% di tahun 2013. Tahun lalu, AHM meluncurkan Honda CB150R StreetFire and Honda Verza yang berkontribusi besar terhadap lonjakan penjualan sepeda motor sport Honda tersebut. Di Tahun ini, pasar sepeda motor sport Honda akan semakin kuat dengan diluncurkannya New Honda MegaPro FI.

AHM memasarkan New Honda MegaPro FI dengan harga (on the road Jakarta) Rp 20.450.000,- dalam 4 pilihan warna yaitu Active White, Brave Black, Renegade Red, Brace Blue. AHM menargetkan dapat menjual model ini 5.000 unit/bulan.

Mesin
Tipe mesin SOHC, 4 Langkah, 5 Kecepatan
Volume langkah (cm3) 149,5
Sistem pendingin Pendinginan udara
Sistem suplai bahan bakar Injeksi/PGM-FI(Programmed Fuel Injection)
Diameter x langkah (mm) 57,3 x 57,84
Tipe Transmisi 5 Kecepatan
Rasio kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 9,8 kW (13,3 PS) / 8.500 rpm
Torsi maksimum 12,3 Nm (1,25 kgf.m) / 6.500 rpm
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5
Tipe Starter Starter Kaki & Starter Elektrik
Tipe Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch With Coil Spring
Kapasitas minyak pelumas 1,0 Liter pada penggantian periodik
Kelistrikan
Tipe Baterai/Aki 12 V – 3,5 Ah
Tipe pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK CPR9EA-9
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi (mm) 2.052 x 742 x 1.079
Jarak sumbu roda (mm) 1.316
Jarak terendah ke tanah (mm) 156
Berat kosong (kg) 135
Kapasitas tangki bahan bakar (liter) 12,3
Ketinggian Tempat Duduk (mm) 774
Radius Putar Minimum (mm) 1900
Rangka
Tipe rangka Pola Berlian
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Tunggal (dapat di setel keras dan lembut)
Ukuran ban depan 80/100 – 17 M/C 46P
Ukuran ban belakang 100/90 – 17 M/C 55P
Tipe Rem depan Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Tipe Rem belakang Cakram hidrolik, dengan piston tunggal

Sumber: Honda/AHM