Honda RC212V Raja Tikungan Dan Trek Lurus

 MotoGP

Honda RC212V-Merupakan motor prototipe 800cc buatan Honda yang di gunakan di Balap MotoGP sejak tahun 2007. Honda melalui Divisinya HRC (Honda Racing Corporation) telah melakukan berbagai macam pengembangan pada Honda RC212V. Dominasi Yamaha YZR-M1 pada kelenturan Chassisnya hingga selalu menjadi Raja di tikungan sepertinya sekarang sudah mulai terpatahkan oleh pengembangan baru dari Honda RC212V. Karena Yamaha YZR-M1 sekarang bukanlah satu-satunya motor yang stabil dan smooth saat keluar masuk tikungan.  Frame dan karet bundar Bridgestone pada Yamaha YZR-M1 sudah tak kuasa menahan gempuran di tikungan ketika Honda RC212V membabat habis tikungan dengan stabil dan lebih halus.

Semua pengembangan Honda RC212V tersebut tak pernah lepas dari para Insinyur-insinyur Honda Racing Corporation di Saitama, Jepang. Hebat, para Insinyur Honda hanya membutuhkan sedikit masukan dari para pembalapnya untuk membuat motor yang tangguh. Hal ini berarti Honda telah lebih mengetahui apa saja yang seharusnya di butuhkan pembalapnya ketika berada di lintasan balap. Tapi bukan berarti Honda tidak membutuhkan masukan dari para pembalapnya. Apa yang membuat Honda RC212V 2011 berbeda dari versi sebelumnya adalah terletak pada Chassis baru dan sistem Transmisi baru. Sekarang Honda sudah bisa membuat motor RC212V lebih stabil dan smooth seperti Yamaha YZR-M1, namun untuk masalah powernya Honda lebih unggul 20 DK dari Yamaha YZR-M1.

Chassis baru pada Honda RC212V lebih lentur ketika di ajak keluar masuk tikungan dan telah cocok dengan pembalap yang berpostur tinggi seperti Marco Simoncelli. Kemudian pada sistem Transmisi baru sepertinya Honda sengaja merancangnya untuk trek lurus dan tikungan, jadi bukan hanya di khususkan untuk trek lurus saja. Maka tak ayal jika YZR-M1 yang di geber Lorenzo tak kuasa menahan gempuran RC212V dari belakang. Saat Lorenzo memaksakan Frame dan Ban Bridgestone pada YZR-M1 di tikungan, sepertinya YZR-M1 terlihat Ngoyo dan seperti menghabiskan kompon  Ban.

Sekarang Dominasi Yamaha YZR-M1 di tikungan sejak tahun 2004 sudah mulai terkalahkan oleh ketangguhan Honda RC212V pengembangan 2011. Seperti yang kita ketahui bahwa Honda RC212V vesi tahun 2007-2010 sangat buruk ketika melibas tikungan, bahkan motor terlihat goyah ketika di paksa melibas tikungan dengan cepat. Namun, sekarang Honda RC212V tidak perlu ngoyo di tikungan. Bahkan, sekarang kebalikannya YZR-M1 yang ngoyo mengejar RC212V di tikungan.


Leave a Reply