Home BMW Rencana Bos BMW Untuk MotoGP Musim Mendatang

    Rencana Bos BMW Untuk MotoGP Musim Mendatang

    SHARE
    Rencana Bos BMW Untuk MotoGP Musim Mendatang
    Rencana Bos BMW Untuk MotoGP Musim Mendatang

    Presiden BMW Motorrad yakni Hendrik von Kuenheim telah mengindikasikan bahwa pabrikan asal Jerman tersebut akan pindah ke MotoGP setelah memenangkan balapan di World Superbike Championship. “Kami belum pernah menang di Superbike, tapi kita sudah mendekati itu,” ujar von Kuenheim di MotoGP.com “Setelah kita menang kita akan bergerak ke hal-hal besar dan lebih baik.”.

    “MotoGP adalah balap sepeda motor yang paling banyak ditonton di dunia,” lanjut von Kuenheim. “Selanjutnya F1, itu adalah patokan untuk balap motor. Jadi platform yang jelas untuk kami dan kami harus berpikir tentang langkah besar Ini.”

    Sebuah mesin BMW akan hadir di grid MotoGP tahun ini, setelah powerplant pilihan untuk proyek baru Forward Racing CRT. Mesin empat-silinder segaris pada Superbike S1000RR akan disesuaikan dengan sasis Suter dan ditunggangi oleh pembalap veteran MotoGP yakni Colin Edwards.

    “Kami akan melihat bagaimana kinerja Suter, karena ini adalah inisiatif,” kata von Kuenheim”. Jelas dia mendapatkan beberapa dukungan dari BMW, tetapi proyeknya ini akan ditarik untuk melihat potensi yang lebih besar.

    “Saya percaya dengan mesin CRT S1000RR, dengan melahirkan displacement satu liter dan sangat cocok untuk balap MotoGP. “Tapi ini adalah balapan mahal, jadi kita harus berpikir tentang hal ini!”

    Setelah kepergian Suzuki, sekarang hanya tinggal tiga pabrikan di MotoGP sebagai produsen resmi yakni Honda, Yamaha dan Ducati. Namun, aturan pemangkasan biaya baru yang saat ini sedang diperdebatkan diklaim bertujuan untuk menarik beberapa produsen seperti BMW ke dalam kelas utama Grand prix MotoGP.

    Referensi von Kuenheim untuk balapan mahal ini harus memperkuat mereka dalam Komisi Grand Prix MotoGP dengan alasan bahwa hanya pengurangan biaya besar akan menarik beberapa produsen baru. Mungkin kebetulan, tetapi von Kuenheim berkomentar bahwa beberapa hari kemudian yakni Audi saingan dari Grup Volkwagen juga sedang dalam pembicaraan untuk membeli Ducati.

    BMW S1000RR membuat debut dunianya di balap Superbike pada tahun 2009 dan telah memenangkan enam podium dalam satu season, termasuk menyelesaikan balapan terbaik pada tempat kedua. Mantan pembalap MotoGP 500cc yakni Marco Melandri dan Leon Haslam dipercaya untuk tim pabrikan BMW Superbike.

    KOMENTAR