Home MotoGP Lorenzo Jajal Fairing Baru Yamaha M1 di Phillip Island

    Lorenzo Jajal Fairing Baru Yamaha M1 di Phillip Island

    SHARE

    Lorenzo Jajal Fairing Baru Yamaha YZR-M1
    MESINBALAP.com – Saat sesi tes ban Bridgestone di trek Phillip Island hari ini, pembalap Yamaha Jorge Lorenzo menyempatkan dirinya untuk mencoba fairing baru Yamaha YZR-M1. Fairing baru ini dirancang secara khusus untuk meningkatkan aerodinamis Yamaha M1, pasalnya trek Phillip Island terkenal dengan kondisinya yang sangat berangin, mengingat lokasinya dekat dengan pesisir pantai.

    Hanya Lorenzo saja yang terlihat mencoba fairing karbon terbaru ini sesaat sebelum istirahat makan siang tadi, sedangkan Valentino Rossi tampak tidak mencobanya sama sekali. Tahun lalu, dua kali juara dunia MotoGP itu mengeluhkan kondisi angin yang sangat kencang di Phillip Island yang bertiup dari pesisir pantai.

    Akhirnya Yamaha mencari solusi saat gelaran MotoGP Phillip Island Oktober tahun lalu, dengan jalan membuat fairing M1 dilubangi dibagian depan-nya. Tapi Lorenzo masih belum puas dan meminta fairing baru kepada Yamaha untuk meminimalisir hembusan angin kencang.

    Fairing berwarna hitam karbon tanpa embel-embel sponsor ini terlihat lebih kecil dibanding desain fairing M1 sebelumnya, tetapi memiliki desain air-intake yang sedikit lebih besar. Namun, fairing baru ini menurut Yamaha hanya dirancang khusus untuk trek Phillip Island tapi juga bisa digunakan di sirkuit lainnya jika sangat dibutuhkan.

    “Angin bisa menjadi masalah di trek ini. Kami sangat dekat dengan laut dan trek ini memiliki beberapa tikungan yang sangat cepat, jadi kami ingin melihat perilaku motor itu dengan bentuk fairing yang berbeda. Hari ini (kondisi-nya) tidak begitu berangin, sehingga kami tidak bisa melihat perbedaan yang signifikan”, ujar Wilco Zeelenberg kepada MCN.

    “Jadi kami harus mengujinya lagi ketika (kondisi-nya) berangin. Tapi kami sudah tahu bahwa kami bisa menggunakan keduanya tanpa masalah besar dan itu bagus.”

    KOMENTAR