Home MotoGP Losail, Qatar Valentino Rossi Keluhkan Kondisi Trek Qatar yang Cukup Buruk

    Valentino Rossi Keluhkan Kondisi Trek Qatar yang Cukup Buruk

    SHARE

    Valentino Rossi - FP1 MotoGP Qatar 2014
    MESINBALAP.com – Valentino Rossi mengeluhkan buruknya kondisi trek Qatar selama sesi latihan bebas pertama MotoGP Losail Qatar 2014. Pembalap Movistar Yamaha ini hanya sanggup berada di posisi ke-3 dengan catatan waktu 1 menit 56.542 detik. GAP Rossi dengan Aleix Espargaro mencapai hingga +1.341 detik.

    Sedangkan rekan setimnya terlempar ke urutan 9 dengan selisih +1.467 detik dari pembalap terdepan. Namun demikian, dirinya yakin bahwa itu masih sangat normal bagi semua pembalap pabrikan karena ini masih sesi latihan pertama.

    Selain itu, pembalap tim Satelit dan Open class diuntungkan dengan sesi tes pra-musim yang digelar beberapa waktu lalu di Qatar. Sedangkan tim pabrikan resmi seperti Movistar Yamaha dan Repsol Honda tidak hadir dalam tes tersebut, sebaliknya mereka melakukan tes ban khusus di Phillip Island. Jelas itu keuntungan tersendiri bagi tim-tim MotoGP semacam NGM Forward Racing, Go&Fun Honda Gresini dan Monster Yamaha Tech 3.

    “Trek ini berada dalam kondisi yang cukup buruk tapi saya pikir itu sangatlah normal untuk latihan pertama. Ada banyak pasir disini. Juga banyak pembalap kecuali pembalap pabrikan, telah berada di sini selama tiga hari (untuk melakukan pengujian) dan sudah melakukan lebih banyak KM dan lebih banyak lap. Jadi itu normal jika mereka lebih kuat dibanding kami”, komentar Valentino Rossi usai sesi latihan bebas pertama.

    Banyak pembalap mengeluhkan soal kurangnya cengkeraman ban saat memacu motor dalam sesi latihan bebas pembuka tadi. Masalah cengkeraman ban depan dan belakang juga dialami Rossi dan juga pacuan Yamaha M1 nya sering goyah saat dipacu akselerasinya.

    “Sekarang pekerjaan akhir pekan akan menjadi sulit untuk mengurangi kesenjangan ini. Saya mengalami masalah kurangnya grip (ban bagian) depan dan belakang, di sudut masuk tikungan dan juga saat akselerasi motor ini goyah sangat banyak. Saya pikir kondisi trek-nya akan semakin baik dan itu akan lebih mudah”, tegasnya.

    KOMENTAR