Home MotoGP Losail, Qatar MotoGP Qatar 2014: Marquez Akui Terkejut dengan Hasil Kualifikasi

    MotoGP Qatar 2014: Marquez Akui Terkejut dengan Hasil Kualifikasi

    SHARE
    Marc Marquez | Kualifikasi MotoGP Losail Qatar 2014 | Pics: HRC/Honda Racing Corporation
    Marc Marquez | Kualifikasi MotoGP Losail Qatar 2014 | Pics: HRC/Honda Racing Corporation

    MESINBALAP.com – Marc Marquez mengaku terkejut dengan hasil kualifikasi MotoGP Qatar 2014 yang ia raih hari ini. Jagoan Repsol Honda tersebut absen dua kali dalam sesi tes pra-musim yang digelar di Sepang dan Phillip Island beberapa waktu lalu. Lantaran Marc mengalami cidera saat latihan motor gasstrack di kampung halaman-nya di Spanyol.

    Tapi rupanya hal itu tak menyurutkan nyalinya untuk terus menggeber pacuan Honda RC213V-nya sepanjang sesi latihan bebas sampai kualifikasi di sirkuit Losail Qatar hari ini atau Sabtu waktu setempat. Dominasi Aleix Espargaro pun akhirnya benar-benar rontok di sesi Q2. Rider Open class tersebut terlihat terlalu berambisi hingga akhirnya dirinya terjatuh dua kali dari atas tunggangan-nya.

    Marquez sendiri mengukir lap time tecepat 1 menit 54.507 detik dalam sesi kualifikasi Q2. Catatan waktu ini sekaligus mengalahkan raihan Aleix “1 menit 54.773 detik” dalam sesi latihan bebas ketiga. Namun, Marquez dengan Bautista hanya terpaut 0.057 detik, GAP yang sangat dekat.

    Pasokan ban ekstra soft dari Bridgestone memang memuluskan jalan Aleix untuk mencetak lap time segitu, tetapi untuk pembalap Factory itu sangatlah sulit, lantaran mereka tak menerima jatah ban ekstra soft seperti yang diberikan kepada rider Open class. Bisa dibilang raihan lap time Marc sudah sangat bagus.

    Marquez, Podium Kualifikasi

    “Saya senang dan itu merupakan kejutan bisa sampai di sini, terutama setelah kemarin di saat begitu banyak pembalap saling berdekatan di posisi puncak dan pembalap kategori Open sangat kuat dengan ban (ekstra) lunak. Tapi di FP4 kami membuat langkah (maju), sepertinya kami sudah menemukan cara yang tepat dan saya mendapatkan kepercayaan dalam setiap sesi”, komentar Marquez usai sesi kualifikasi, dilansir dari Crash.

    Juara dunia MotoGP 2013 ini memprediksi bahwa jalannya balapan pada Minggu besok akan sangat sulit. Mengingat GAP antara setiap pembalap sangat dekat dan tidak terlalu jauh seperti tahun lalu.

    “Besok akan menjadi balapan yang sulit. Ada begitu banyak pembalap dalam satu atau dua persepuluh. Saya belum pernah melihatnya begitu dekat di MotoGP. Itu akan menjadi tontonan bagus buat para penggemar tapi bisa saja menjadi sulit bagi saya di akhir balapan karena saya bertarung melawan rasa sakit di kakiku”, tambah Marc.

    Meski demikian, Marquez masih mengeluhkan rasa sakit di kakinya, sehingga membuatnya lebih banyak menggunakan lengan kanan-nya. Tapi jagoan Repsol Honda ini berharap, dengan bertarung melawan pembalap lainnya maka lama-lama rasa sakitnya akan hilang sendiri, terlebih dengan adrenalin yang masih mengalir deras di tubuh anak muda ini.

    “Saya tak punya cukup tenaga dan otomatis saya lebih banyak menggunakan lengan kanan saya dan lama-lama itu lelah juga. Tapi saya berharap bahwa berpacu melawan pembalap lainnya dan dengan adrenalin yang mengalir, (maka rasa sakit) itu akan tak terasa dan saya bisa melakukan balapan yang hebat”, pungkasnya.

    KOMENTAR