Home Ducati Intip Produksi Ducati 1199 Superleggera di Pabrik Bologna (Video)

    Intip Produksi Ducati 1199 Superleggera di Pabrik Bologna (Video)

    SHARE

    Proses Perakitan Semua Komponen Ducati 1199 Superleggera
    MESINBALAP.comDucati 1199 Superleggera sudah memulai tahap produksi awal di pabrik Bologna, Italia pada akhir bulan Maret kemarin. 1199 Superleggera diterjunkan ke segmen motor produksi superbike sebagai model edisi terbatas dengan total produksi sebanyak 500 unit saja.

    Sebagai model edisi terbatas tentu Superleggera punya harga yang fantastis di pasaran yakni £54,000 atau sekitar Rp 1 Milyar lebih. Tapi tak perlu kaget lantaran Ducati 1199 Superleggera termasuk salah satu motor produksi paling canggih di dunia, dengan output mesin 200 HP dan bobotnya hanya mencapai 155 kg.

    Berbekal mesin 1198cc L-twin cylinder Desmodromic dengan pendingin liquid cooled, superbike edisi terbatas tersebut sanggup melontarkan output tenaga hingga 200 HP dan torsi sebesar 98,8 lb-ft. Output power ini 7 HP lebih gede dibanding BMW S1000RR. Yang jelas spek mesin Superleggera mirip seperti pacuan yang diturunkan Ducati di ajang balap WSBK.

    Proses Perakitan Komponen Ducati 1199 Superleggera

    Komponen ekslusif yang dibenamkan di mesin Desmodromic tersebut meliputi piston rancangan motor balap WSBK dengan 2 ring, titanium connecting rods, lightweight crankshaft, 4-titanium valve/silinder dan knalpot full-titanium.

    Basis Superleggera sendiri menggunakan Ducati 1199 Panigale R, tapi sasis dan velg-nya menggunakan material magnesium. Tak hanya itu, material serat karbon juga diaplikasikan pada fairing dan subframe, sedangkan sentuhan stainless steel nampak pada knalpot titanium-nya.

    Proses Perakitan Mesin Ducati 1199 Superleggera

    Proses Perakitan Ducati 1199 Superleggera

    Agar bobot motor menjadi lebih ringan, Ducati mengkombinasikan tiga material berbeda yang meliputi serat karbon, titanium dan magnesium. Maka tak ayal jika bobot 1199 Superleggera hanya mencapai 155 kg, sipp lah.

    Ingin tahu bagaimana proses produksi dan perakitan motor seram ini? Yukk, simak cuplikan video singkat berikut.

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR