Home MotoGP Jelang MotoGP Austin 2014: Omelan Lorenzo Soal Ban Ditanggapi Enteng oleh Spencer

    Jelang MotoGP Austin 2014: Omelan Lorenzo Soal Ban Ditanggapi Enteng oleh Spencer

    SHARE

    Jorge Lorenzo - FP1 MotoGP Qatar 2014
    MESINBALAP.com – Sejak tes pra-musim MotoGP Sepang yang lalu, Jorge Lorenzo terlihat paling banyak komentar alias kenyeh soal jeleknya performa ban Bridgestone. Sampai-sampai produsen karet bundar asal Jepang tersebut bilang Lorenzo berlebihan dan terlalu banyak ngomel soal ban.

    Pembalap lain memang mengalami masalah seperti Lorenzo, tapi mereka terkesan lebih diam dan tak terlalu banyak cing-cong. Malah rekan setimnya sendiri bisa naik podium di Qatar kemarin, meski mengalami masalah yang sama.

    Hal tersebut ditanggapi santai oleh legenda MotoGP Freddie Spencer. Menurutnya, Honda juga mengalami masalah serupa pada tahun 2012 yang lalu tapi mereka berhasil menemukan solusinya.

    “Jika anda mengingat kembali tahun-tahun kemarin, anda akan melihat bahwa pada tahun 2012 ban telah dirubah dan saat itu Honda berjuang keras. Pada saat ini, Lorenzo dan Yamaha juga sedang berjuang keras”, komentar Spencer soal keluhan Lorenzo.

    Jorge Lorenzo Crash MotoGP Qatar 2014

    “Jorge seperti pembalap yang terkontrol. Gayanya membalap selalu presisi. Saya mengerti itu karena saya agak mirip sepertinya dan juga seperti Marc – Saya agak mirip dengan gaya balap mereka berdua”, tambahnya.

    Memang tahun 2012 silam Honda didera masalah ban yang tak kunjung beres, itu tahun terakhir dimana Casey Stoner akan pensiun. Saat itu Bridgestone secara tiba-tiba mengubah kompon ban di awal musim 2012, padahal pacuan RCV sudah beres disetting HRC sejak liburan musim dingin.

    Hasilnya Honda benar-benar kelabakan sampai delapan seri MotoGP alias sampai pertengahan musim bro. Lantas HRC turunkan prototipe baru RC213V di seri ke-9 MotoGP Mugello 2012. Setelah itu beres dah masalahnya.

    Sirkuit Austin, Texas

    “Tapi (saya) mampu mengetahui batas (membalap saya) dan memaksa itu sebenarnya cukup penting, makanya sangat sulit menerima situasinya jika anda tidak bisa melakukannya. Jika ban berubah, ada harus mencoba dan mengubah setup suspensi anda, pokoknya di sekitar area tersebut. Itu semua tentang mencari sebuah kompromi (solusi/jalan tengah)”, pungkas Spencer.

    Tapi sayangnya untuk musim ini, pengembangan motor maupun mesin dibekukan sepanjang tahun untuk tim berstatus Factory. Jadi mustahil bisa ganti pacuan baru, kecuali untuk tim Open class. Namun, Spencer yakin masalahnya bisa beres jika Yamaha dan Lorenzo mampu menemukan solusi yang tepat.

    Nah untuk seri MotoGP Austin pekan depan, Bridgestone akan menyuplai ban berkompon 2013 alias ban yang digunakan di seri Austin tahun lalu. Hal itu dilakukan Bridgestone lantaran produksi ban spek 2014 terlambat dan juga karena keluhan Lorenzo soal ban baru.

    KOMENTAR