Home MotoGP Austin, Texas MotoGP Austin 2014: Selain Rossi, Marquez dan Smith juga tak setuju dengan...

    MotoGP Austin 2014: Selain Rossi, Marquez dan Smith juga tak setuju dengan keputusan Bridgestone

    SHARE

    Marquez-Rossi, MotoGP Austin 2014
    MESINBALAP.comKeputusan Bridgestone untuk kembali menggunakan ban spek 2013 berkompon medium di MotoGP Austin akhir pekan ini rupanya menuai banyak pro dan kontra. Di satu sisi, Jorge Lorenzo sangat ingin menggunakaan ban 2013, lantaran ban baru keluaran 2014 dinilainya kurang manjur.

    Namun, disisi yang lain, beberapa pembalap lainnya tak suka dengan keputusan Bridgestone tersebut, seperti Rossi, Marquez dan Smith misalnya. Ban belakang spek 2014 memiliki daya tahan panas yang lebih baik dibanding ban tahun lalu.

    Jagoan Repsol Honda, Marc Marquez, tampaknya tak terlalu mengeluh soal performa ban Bridgestone. Dia anteng-anteng saja, meski menggunakan ban berkompon keras di seri MotoGP Qatar yang lalu. Terseok-seok di awal start balapan tak masalah, yang penting kan finish dapat podium. Ya daripada melesat duluan trus ndlosor pun juga duluan.

    “Saya tidak setuju dengan (keputusan) itu. Sejujurnya saya tidak mengerti, tetapi bagaimanapun beberapa pembalap mengeluh (soal ban baru). Tidak banyak sih tetapi beberapa (pembalap mengeluhkan itu) dan sekarang kami disini akan menggunakan ban 2013”, ujar Marquez kepada Crash.

    Rossi-Marquez, MotoGP Austin 2014

    Di seri Qatar yang lalu Marquez adalah satu-satunya pembalap yang berani menggunakan ban berkompon keras. Di MotoGP Austin tahun lalu pun jagoan Honda ini juga menggunakan ban berkompon keras. Inilah yang membuat Rossi ingin melirik ban berkompon keras juga, yang keras memang lebih asoy.

    “Tapi bagaimanapun kami telah menggunakan ban berkompon keras di Qatar dan di sini terlihat hangat, jadi kami akan mencoba mengaturnya. Pokoknya tahun lalu ban berkompin keras bekerja bagus di sini”, tambah Marc.

    Sementara itu, pembalap Monster Yamaha Tech 3 Bradley Smith juga mengungkapkan bahwa ban baru spek 2014 jauh lebih baik dibanding ban tahun lalu, terutama saat dipakai balapan. Itulah sebabnya Smith tak setuju jika Bridgestone beralih lagi ke ban lama.

    Bradley Smith, MotoGP Austin 2014

    “Untungnya saya berpikir bahwa ban spek 2013 akan menjelaskan segalanya kepada Bridgestone disini. Ban baru spek 2014 jauh lebih baik, terutama dalam kondisi balapan”, komentar Smith yang terjatuh di balapan perdana Qatar.

    Pembalap berdarah Inggris tersebut mengatakan bahwa ban spek 2014 akan membungkam mulut beberapa pembalap yang sering merengek soal kinerja ban. Lantaran bagi Smith, ban baru itu sudah sangat bagus, tak ayal ia ingin pakai ban baru itu pada balapan Austin nanti.

    “Makanya saya pikir itu akan membungkam beberapa pembalap yang merengek (mengeluh soal kinerja ban) dan saya sangat bersemangat jika akhir pekan ini bisa kembali menggunakan ban spek 2014”, tutupnya.

    KOMENTAR