Home MotoGP Pabrikan MotoGP Sepakat Hentikan Pengembangan Elektroniknya Mulai Musim Depan

    Pabrikan MotoGP Sepakat Hentikan Pengembangan Elektroniknya Mulai Musim Depan

    SHARE

    Honda RC213V Repsol
    MESINBALAP.comRegulasi standar ECU tunggal di MotoGP dipastikan akan mulai digulirkan pada musim 2016 mendatang, dengan Magneti Marelli sebagai pemasoknya. ECU seragam buatan Magneti Marelli ini nantinya akan meliputi hardware beserta softwarenya.

    Atas rencana itulah, maka pabrikan MotoGP yang tergabung di MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association) akan menghentingkan pengembangan elektroniknya mulai musim depan. Lantaran dinilai tak masuk akal menghabiskan uang untuk mengembangkan perangkat elektronik menjelang musim 2016.

    Selain itu, juga tak ada gunanya mengembangkan software ECU mereka sendiri karena tak mungkin dipakai pada musim 2016. Terlebih mulai akhir musim 2015 nanti pabrikan di MotoGP perlu fokus pada paket elektronik standar yang dikeluarkan Dorna dengan spek Magneti Marelli.

    Honda, Yamaha dan Ducati juga sudah sepakat mengenai kapan pengembangan software ECU mulai dihentikan atau dibekukan, menurut laporan GPONE. Ketiga pabrikan tersebut sepakat akan menghentikan pengembangan software perangkat elektroniknya mulai seri MotoGP Assen 2015.

    Awalnya Ducati menolak rencana pembekuan software tersebut, tapi akhirnya mereka sepakat juga. Setelah itu, ketiga pabrikan tersebut akan berkolaborasi untuk membantu mengembangkan software standar Dorna. Nantinya software ECU itulah yang akan dipakai di semua motor MotoGP mulai musim 2016 dan seterusnya.

    Pengembangan bersama akan dilakukan dibawah pengawasan Dorna, dengan semua pabrikan diwajibkan berkontribusi di dalamnya. Namun, ketiga pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati tak akan menyerahkan software mereka kepada Dorna, meskipun pengembangan software elektronik mereka telah dibekukan.

    Ya, mungkin tak masuk akal bagi ketiganya. Membagikan software buatan mereka sendiri secara cuma-cuma kepada Dorna, lantas dipakai orang banyak dalam bentuk ECU seragam berlabel Magneti Marelli. Waw, loe jual gue labelin.. :mrgreen:

    KOMENTAR