Home MotoGP Bridgestone Angkat Bicara Soal Masalah Ban Depan Rossi di Austin

    Bridgestone Angkat Bicara Soal Masalah Ban Depan Rossi di Austin

    SHARE

    ban rossi
    MESINBALAP.com – Banyak pembalap menyesalkan atas keputusan Bridgestone yang membawa ban spek 2013 di MotoGP Austin akhir pekan lalu. Beberapa pembalap seperti Rossi, Marquez dan Smith mengatakan lebih suka ban 2014 ketimbang ban lama.

    Tapi produsen ban asal Jepang itu tetap bulat terhadap keputusannya. Ban Bridgestone 2014 punya pelapis tahan panas yang jauh lebih baik dibanding ban lama. Di MotoGP Austin kemarin bagian kanan ban depan paling banyak tergerus ketimbangn bagian kiri.

    Padahal sirkuit Austin sendiri punya 11 tikungan kiri dan 9 tikungan kanan. Logikanya seharusnya yang kiri yang paling banyak tergerus, tapi ini tidak. Valentino Rossi barangkali jadi salah satu korbannya, namun Bridgestone mengatakan terkejut atas masalah tersebut.

    Menanggapi masalah tersebut, kepala insinyur Bridgestone Masao Azuma mengatakan bahwa dirinya tak menduga masalah itu bakal terjadi. Kompon ban sebelah kanan sudah disesuaikan dengan tuntutan sirkuit Austin.

    “Tingginya pengikisan di bagian kanan ban depan yang dialami beberapa pembalap selama balapan memang tidak terduga. Ada beberapa bagian dari sirkuit yang sangat menuntut bagian kanan ban, tapi alokasi kompon ban kami telah dirancang untuk memenuhi tuntutan tersebut”, komentar Masao Azuma.

    Bridgestone

    “Kami harus melihat semua variabel termasuk gaya balap, karakter mesin dan kondisi trek selama balapan untuk mencari tahu mengapa kita mengalami pengikisan yang sangat tinggi terhadap ban selama balapan. Dan juga mengapa beberapa pembalap yang terkena dampaknya melebihi yang lain.”

    Menurut Azuma, masalah ini tidak terjadi di Austin tahun lalu, makanya mereka kaget mendengar kabar yang mengatakan ban Bridgestone bermasalah di sana. Chief engineer Bridgestone itu menegaskan bahwa ban dan data balapan MotoGP Austin kemarin akan kami dianalisa agar tahu apa penyebab masalahnya.

    “Kami bisa mengatakan dengan yakin bahwa ban tidaklah rusak. Hanya saja kondisi penggunaannya selama balapan tentu jauh lebih berat bila dibandingkan dengan tahun lalu dan sesi latihan bebas pertama”, tambah Azuma.

    “Karena kami tidak melihat tingginya pengikisan kompon ban tahun lalu maupun sepanjang sesi latihan bebas dan kualifikasi tahun ini. Maka ban dan data balapan MotoGP Austin akan kami analisa di Pusat, sehingga kami bisa tahu mengapa masalah ini terjadi.”

    KOMENTAR