Home MotoGP Jelang MotoGP Argentina 2014: Hayden Masih Galau Soal Upgrade Honda RCV1000R

    Jelang MotoGP Argentina 2014: Hayden Masih Galau Soal Upgrade Honda RCV1000R

    SHARE

    Honda RCV1000R Nicky Hayden, Drive M7 Aspar
    MESINBALAP.com – Nicky Hayden mengaku tak tahu menahu soal kapan pacuannya bakal diupgrade alias dirombak. HRC melalui Livio Suppo pernah mengatakan beberapa waktu lalu bahwa mereka akan membawa komponen baru untuk pacuan Open class “RCV1000R” di seri MotoGP Jerez mendatang.

    Begitu juga dengan bos tim Aspar, Gino Borsoi, yang menyakini jika upgrade mesin RCV1000R tidak akan disediakan Honda sebelum seri Jerez bulan depan. Yang berarti dalam tiga seri awal MotoGP tahun ini (Qatar, Austin, Argentina) HRC tidak akan merombak pacuan Open class-nya.

    Menurut penilaian beberapa pembalap Open class Honda, RCV1000R masih kurang mantab dalam hal top speed dan akselerasi. Hayden tentu yang paling banyak koar-koar soal masalah itu, maklum saja lantaran Nicky merupakan mantan pembalap pabrikan Honda dan Ducati.

    Makanya saat menggeber motor yang speknya dibawah motor pabrikan si Hayden tepuk jidat. Wajarlah, ibarat orang habis naik bus eksekutif class, trus disuruh naik bus kelas ekonomi. Tentu orang tersebut akan merasa kepanasan lantaran tak ada fasilitas AC.

    “Mereka (Honda) cukup santai mengenai itu. Ada banyak sekali rumor tapi kami belum melihat apa pun dan tidak ada kabar tentang kapan itu akan dilakukan”, kata Hayden kepada MCN di Texas.

    “Power bisa berasal dari sektor yang berbeda tapi dua atau tiga horsepower tidak akan memberikan perbedaan besar. Kami perlu langkah nyata agar menjadi kompetitif.”

    Nicky Hayden, MotoGP Austin 2014

    Honda RCV1000R tidak dibekali komponen canggih macam seamless-shift gearbox (SSG) dan klep pneumatik. Dua komponen itu hanya disematkan pada prototipe RC213V yang digeber Marc Marquez, Dani Pedrosa, Stefan Bradl dan Alvaro Bautista.

    “Dari segi angka saya tidak mampu mengatakannya tetapi dalam hal akselerasi itu bukanlah berapa horsepower yang kami perlukan. Hal terbesar adalah akselerasi yang keluar dari gigi rendah, tikungan lambat di Texas. Top speed juga masalah, meskipun di beberapa trek itu tidak jadi masalah sesungguhnya”, tambah Hayden.

    Di MotoGP Austin kemarin, Hayden finish di posisi ke-11 dibawah Jorge Lorenzo yang melakukan jump start. Top speed terbaik RCV1000R yang dicetak Hayden di sirkuit Austin akhir pekan kemarin mencapai 319.58 km/h.

    Top speed tersebut lebih lambat 22.53 km/h dibanding Yamaha YZR-M1 yang digeber Pol Espargaro di Austin yang mentok di angka 341.18 km/h. Top speed terbaik RCV1000R justru dicetak Hiroshi Aoyama di sirkuit Austin tapi masih lebih lambat 16.09 km/h dari top speed pacuan Pol Espargaro.

    Tapi ya begitulah namanya saja motor versi produksi balap MotoGP, sangat berbeda dengan prototipe asli.

    KOMENTAR