Home MotoGP Brno, Ceko Honda Suplai Mesin Pabrikan untuk Tim Open Class

    Honda Suplai Mesin Pabrikan untuk Tim Open Class

    SHARE

    2014 Honda RC213V (Marc Marquez) - 01
    MESINBALAP.com – Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto menegaskan bahwa mereka akan menyuplai mesin pabrikan untuk tim Open class Honda pada musim depan. Menurut Nakamoto, mesin yang akan disuplai HRC adalah mesin Honda RC213V 2014 yang saat ini digunakan oleh Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

    Tentunya dengan pengecualian seamless-shift gearbox tapi yang jelas motor Open class Honda tahun depan akan dibekali pneumatic-valve, sama seperti milik Marquez dan Pedrosa.

    “Mesin pabrikan (Honda) spesifikasi tahun ini akan kami berikan untuk motor Open Class pada musim depan”, beber Nakamoto dalam konfrensi pers khusus di MotoGP Brno hari ini yang juga dihadiri oleh Kouichi Tsuji (Yamaha) dan Gigi dall’Igna (Ducati).

    Sesuai dengan regulasi, Honda RC213V Open class akan dijejali dengan ECU standar Magneti Marelli (hardware dan software), jatah 12 mesin per musim, 24 liter bahan bakar saat balapan dan ban belakang ekstra soft.

    2014 Honda RC213V (Marc Marquez) - 04

    Seperti yang kita ketahui, debut Honda RCV1000R versi produksi tidak begitu bertaji pada musim ini. Jelas motor ini kalah dengan Open class milik Yamaha yang dibekali mesin prototipe YZR-M1, lengkap dengan sasis, swing-arm dan suspensi Ohlins.

    Banyak yang dikeluhkan pembalap Open class Honda, terutama soal top speed RCV1000R yang kurang begitu memuaskan. Namanya juga motor versi produksi, ya jelas kalah melawan prototipe.

    Strategi Honda ini mungkin sebagai respon atas apa yang dilakukan Yamaha terhadap tim Open classnya. Yamaha menyuplai mesin pabrikan YZR-M1 (spek 2013) untuk Aleix Espargaro, makanya dia sesekali mampu tarung di barisan depan.

    2014 Honda RC213V (Marc Marquez) - 02

    Soal regulasi Open class, Nakamoto menerangkan bahwa pabrikan diperbolehkan untuk menjual maupun menyewakan motor Open class, tergantung strategi yang dipakai. Nakamoto menjelaskan bahwa Honda tidak salah menafsirkan ketentuan yang ada di regulasi Open class.

    “Open class adalah Open class. Anda boleh menyewakan maupun menjualnya. Tidak disebutkan dalam regulasi. Inilah alasan yang kami pikirkan untuk menyewakan mesin pabrikan pada musim depan”, tambah pria Jepang itu.

    2014 Honda RC213V (Marc Marquez) - 08

    LCR Honda pun isunya bakal mendapatkan satu motor Open Class Honda RC213V pada musim depan. Hal ini tak lepas dari ketertarikan HRC terhadap Jack Miller yang memimpin klasemen sementara Moto3 musim ini.

    “Kami sangat tertarik dengan Jack. Kami sudah ngobrol denganyatapi belum ada yang dilakukan”, kata Nakamoto.

    Saat ini tiga tim Open class yang menggunakan Honda RCV1000R versi produksi adalah Gresini, Aspar dan Cardion AB. Kabarnya motor Open Class Honda terbaru ini tidak jauh berbeda dengan motor satelit Honda RC213V yang dipakai Gresini dan LCR, baik dari segi performa dan harga.

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR