Home MotoGP Brno, Ceko Yamaha Sedang Kembangkan Downshift SSG Tanpa Jeda

    Yamaha Sedang Kembangkan Downshift SSG Tanpa Jeda

    SHARE
    Rossi tidak menekan tuas kopling saat melakukan pengereman di MotoGP Sachsenring 2014
    Rossi tidak menekan tuas kopling saat melakukan pengereman di MotoGP Sachsenring 2014

    MESINBALAP.com – Apa sampeyan masih ingat dengan tuas tambahan yang terpasang pada stang kiri Yamaha YZR-M1? Nah baru-baru ini, Yamaha MotoGP Group Leader “Kouichi Tsuji” mulai buka kartu soal piranti aneh itu yang katanya sih dulu mencontek Honda RC213V.

    Tsuji menegaskan bahwa seamless-shift gearbox yang dijejalkan pada mesin YZR-M1 hanya berfungsi saat upshift (menaikkan gigi persneling), sehingga akselerasi mesin tersalurkan tanpa jeda. Namun, ternyata SSG M1 ini tidak berfungsi saat deselerasi maupun ketika pembalap melakukan downshifting.

    “Seamless shift-gearbox kami hanyalah upshift, bukan downshift,” tegas Kouichi Tsuji (Yamaha MotoGP Group Leader) dalam konfrensi pers di MotoGP Brno, Jum’at kemarin.

    “Saya pikir gearbox Honda memiliki keduanya – upshift dan downshift, tanpa jeda.”

    Ketika menurunkan gigi persneling (downshift) masih terdapat jeda pada SSG YZR-M1 dan tidak bisa semulus seperti saat upshift. Namun, kini seamless gearbox Yamaha M1 itu sudah direvisi, meskipun hanya sedikit.

    Tuas tambahan pada Stang Kiri Yamaha M1, Pacuan Valentino Rossi (Tes Sepang 2014)

    Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo kini sudah bisa menurunkan gigi persneling√ā¬†tanpa menekan tuas kopling (clutch-less downshifts), tapi tidak semulus seperti downshift SSG-nya Honda RC213V yang tanpa jeda itu. Selain itu, masih terdapat jeda saat pembalap Yamaha melakukan downshifting saat balapan.

    Namun, Honda tetap selangkah lebih maju lantaran downshift SSG-nya RCV lebih singkat dan lebih halus. Makanya tidak heran jika RCV kini lebih lincah setiap memasuki tikungan dan juga saat pengereman.

    “Kami berusaha untuk mengejar ketinggalan ini tapi kapan waktunya saya belum tahu. Kami bekerja keras untuk mengembangkanya. Mungkin ini adalah GAP dengan Honda tapi tidak semuanya”, tambahnya.

    Rossi menekan tuas kopling saat melakukan pengereman di MotoGP Sachsenring 2013
    Rossi menekan tuas kopling saat melakukan pengereman di MotoGP Sachsenring 2013

    Yamaha mulai memperkenalkan seamless-shift gearbox untuk YZR-M1 pada pertengahan musim lalu, meskipun bisa dilang ketinggalan dari Honda dan Ducati yang sudah lebih dulu mengaplikasikan perangkat tersebut.

    Rossi sempat mengatakan pada hari Kamis kemarin bahwa Honda telah menemukan sesuatu di sektor elektronik dan sasisnya yang dianggap Rossi menambah GAP dengan Yamaha.

    “Jujur motor kami masih berada di belakang Honda RCV”, akui Tsuji.

    Mendengar pernyataan Tsuji, wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto langsung menyindir: “Tapi pembalap kami juga mengeluh!”

    Kouichi Tsuji, Shuhei Nakamoto, Gigi Dall'Igna - MotoGP Brno 2014
    Kouichi Tsuji, Shuhei Nakamoto, Gigi Dall’Igna – MotoGP Brno 2014

    Nakamoto juga membantah pernyataan Rossi yang mengatakan bahwa Honda telah menemukan sesuatu di sektor elektronik dan sasis RC213V.

    “Sebagian orang mengatakan bahwa Honda melakukan sesuatu yang istimewa, tapi kenyataannya tidak. Marc tidak ingin menggunakan sistem kontrol traksi Honda (Honda traction control system), sehingga sistem kontrol traksi kami hanyalah tangan kanan pembalap”, beber Nakamoto.

    Sumber: Crash.net

    KOMENTAR