Home MotoGP MotoGP 2014: Dovi Kecewa Pengembangan Ducati GP15 Terlambat

    MotoGP 2014: Dovi Kecewa Pengembangan Ducati GP15 Terlambat

    SHARE

    Ducati Desmosedici GP14, Andrea Dovizioso
    MESINBALAP.com – Satu-satunya pembalap Ducati yang cukup moncer sepanjang musim ini adalah Andrea Dovizioso, mantan joki tim Repsol Honda dan satelit Yamaha Tech 3. Bisa dibilang kiprah Dovi sangat oke di atas Desmo GP14 yang sejauh ini masih belum beres dalam hal pengembangan.

    Bekas rekan setim Pedrosa ini tampil lumayan bagus di MotoGP Silverstone Minggu kemarin. Dovi nyaris mampu bertarung dengan pembalap pabrikan lainnya macam Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

    Bahkan joki asal Italia tersebut sanggup duel sampai akhir balapan dengan Rossi dan Pedrosa. Dengan modal Ducati GP14 yang masih belum kompetitif, Dovi mampu bertengger di posisi ke-5 klasemen sementara MotoGP 2014 dengan total perolehan 129 poin.

    Namun, dirinya mengaku sedikit kecewa dengan lambannya pengembangan prototipe 2015. Pasalnya Gigi Dall’Igna memutuskan akan mengetes Ducati GP15 pada bulan Februari mendatang di sirkuit Sepang.

    Sedangkan versi anyar dari Honda RC213V dan Yamaha M1 bakal siap diuji coba di tes Valencia akhir musim ini, sebelumnya sudah diraba-raba di tes Brno kemarin. Malahan kedua motor tersebut dipastikan sudah 100% jadi di Valencia mendatang dan tinggal mengevaluasi di tes MotoGP Sepang 2015.

    Prototipe Ducati Desmo GP14

    “Ini bukan situasi terbaik. Andaikan kami bisa menguji motor tersebut di Valencia, tentu itu lebih baik karena anda punya waktu beberapa bulan untuk bekerja dan datanya tiba di Malaysia dengan cara yang lebih baik”, curhat Dovizioso kepada MCN.

    “Tapi itulah jadwalnya dan tak masalah mencobanya pada bulan Februari jika motornya bekerja (sempurna). Jika motornya bekerja (sempurna) maka tidak masalah.”

    Akan tetapi engineer baru Ducati, Gigi Dall’Igna, menginginkan perombakan total pada prototipe Desmosedici yang absen gelar sejak akhir musim 2010 sepeninggal Casey Stoner. Salah satu target Dall’Igna adalah membereskan masalah understeer yang menimpa Desmosedici sejak lama.

    Ducati GP14

    GM baru Ducati Corse tersebut ingin memastikan bahwa Desmo GP15 mampu tampil sekompetitif mungkin, walaupun pengembangannya agak terlambat dan butuh waktu lebih lama.

    “Saya lebih memilih untuk memulai (musim) 2015 secara terlambat tapi dengan mesin yang tepat”, ujar Gigi Dall’Igna yang juga mantan bos Aprilia itu.

    Rencananya pabrikan Bologna tersebut akan mengetes versi penyempurnaan dari Desmo GP14 di sirkuit Motorland Aragon pada akhir bulan ini, dengan mesin dan sasis baru.

    KOMENTAR