Home MotoGP MotoGP: Bos Aprilia Buka-Bukaan Soal Rencana Musim Depan

    MotoGP: Bos Aprilia Buka-Bukaan Soal Rencana Musim Depan

    SHARE

    Max Biaggi, Aprilia ART Mugello Test

    MESINBALAP.com – Aprilia awalnya ingin kembali ke MotoGP pada musim 2016 mendatang sebagai tim pabrikan penuh. Namun, disinyalir karena ada kelonggaran regulasi (seperti yang diberikan kepada Ducati) maka pabrikan motor asal Noale Italia ini memutuskan comeback ke MotoGP pada musim depan.

    Dalam wawancara eksklusif dengan Crash.net, bos Aprilia Romano Albesiano mengungkapkan beberapa alasan dan perubahan rencana pabrikan Italia tersebut. Albesiano menegaskan tak perlu menunggu jika ingin segera kompetitif di MotoGP.

    Aprilia akan menjadikan musim depan sebagai kelinci percobaan dan sebagai musim laboratorium tanpa mengharapkan hasil yang bagus. Fokus mereka hanya mengembangkan motor dan motor, harapannya agar mampu kompetitif di musim 2016.

    “Perubahan tersebut dilakukan dengan menerapkan beberapa pemikiran. Kami sudah memutuskan akan berada di sana di masa mendatang. Maka suatu hari kami mengatakan, mengapa harus menunggu?”, ujar bos Aprilia Romano Albesiano.

    Max Biaggi, Tes Aprilia MotoGP Mugello

    “Semakin cepat anda memulainya maka semakin cepat pula anda menjadi kompetitif. Kami ikhlas menghabiskan satu musim sebagai musim laboratorium, musim transisi, musim untuk belajar dengan sedikit harapan dalam hal hasil.”

    Beberapa regulasi baru di Superbike juga menyebabkan mereka mengambil keputusan secepat ini.

    “Setelah kami menerima hasil ini, OKE kita bisa melakukan yang lain dan musim 2016 akan jauh lebih baik dibanding jika kita baru memulainya di musim 2016. Sejujurnya beberapa peraturan baru di Superbike menyebabkan kami membuat keputusan ini”, ungkapnya.

    Biaggi Aprilia Mugello

    Bos Aprilia tersebut juga bicara soal pengembangan motor dan komponennya, termasuk seamless-shift gearbox dan klep pneumatis. Aprilia akan mengembangkan dua motor berbeda, satu untuk musim depan dan satunya lagi untuk musim 2016. Itulah sebabnya mereka ingin terjun di bawah naungan regulasi Factory 2 seperti Ducati dan Suzuki.

    “Kami sedang gearbox seamless-shift dengan teknologi baru yang berasal dari kompetitor kami. Kami akan balapan di bawah regulasi Factory 2. Sehingga kami akan menggunakan software kami sendiri”, terang Albesiano.

    Biaggi Aprilia, Tes MotoGP Mugello

    “Akan ada bodywork baru dan fairing baru. Bisa dibilang ini motor baru tapi masih belum 100 persen prototipe. Misalnya komponen crankcase akan mengambil dari RSV-4 tapi spesifikasinya sangat dekat dengan prototipe MotoGP. Setahun setelahnya kami akan datang dengan motor yang benar-benar baru.”

    “Sangat berat bagi kami karena kami harus membuat motor untuk musim 2015. Kami harus mengembangkan motor ini sepanjang musim dan pada saat yang sama kami juga harus mengembangkan motor 2016, yakni motor yang benar-benar baru”, keluhnya.

    Max Biaggi, Aprilia MotoGP Mugello Test

    “Ini pekerjaan besar dan harus diprioritaskan. Di paruh pertama musim kami akan mengembangkan motor 2015 dan kemudian di pertengahan musim kami mungkin akan menghentikan pengembangan motor ini dan lebih berkonsentrasi dengan motor 2016.”

    Gresini Racing rumornya akan meninggalkan Honda lantaran terkendala dalam hal finansial dan Aprilia digadang-gadang akan merapat ke Gresini sebagai pemasok motornya. Marco Melandri dan Alvaro Bautista kabarnya akan ditunjuk sebagai jokinya.

    KOMENTAR