Home Indonesia Motor Show Ssst… Ada Toyota RAV4 di IIMS Pekan Depan

    Ssst… Ada Toyota RAV4 di IIMS Pekan Depan

    SHARE

    Toyota RAV4 2014 (Eksterior) - Foto 01
    MESINBALAP.com – Selain memamerkan mobil sports masa depan macam FT-1 concept, ternyata PT Toyota Astra Motor (TAM) diam-diam bakal memboyong crossover RAV4 di Indonesia International Motor Show pekan depan.

    Akan tetapi Toyota RAV4 tidak akan diluncurkan di IIMS nanti, sebaliknya hanya untuk perkenalan saja. Sport utility vehicle berdesain kompak ini hanya digunakan Toyota untuk mengetes seberapa besar respon masyarakat Indonesia terhadap produk ini. Juga untuk mengetes pasar domestik Indonesia.

    TAM juga belum punya wacana soal kapan RAV4 bakal diluncurkan secara resmi di Indonesia, lantaran masih butuh riset pasar. Jadi kemungkinan RAV4 masuk ke pasar Indonesia dalam waktu dekat juga cukup kecil.

    “Itu sifatnya hanya tes pasar. Hasil masukan selama pameran akan diolah dalam beberapa bulan, kemudian diputuskan apakah nanti dipasarkan atau tidak”, beber Rahmat Samulo selaku Direktur Pemasaran Toyota Indonesia.

    Toyota RAV4 2014 (Interior) - Foto 09

    Namun, andaikan RAV4 dapat respon bagus dari pengunjung IIMS nanti, tidak menutup kemungkinan bakal dijual disini. Kemungkinan besar SUV kompak ini bakal diluncurkan di Indonesia paling cepat akhir tahun ini dengan tanda petik “jika dapat respon bagus dari pengunjung IIMS”.

    Segmen crossover SUV di tanah air saat ini dihuni oleh beberapa model, diantaranya adalah Honda CR-V, Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail. Soal banderol harga, RAV4 dilepas di pasar Amerika Utara dengan harga mulai dari $23,550 MSRP (Manufacturer’s Suggested Retail Price) atau setara Rp 277,1 juta.

    Namun untuk Indonesia, Toyota RAV4 kemungkinan akan dijual dengan banderol harga sekitar 500 jutaan, lantaran masih harus impor dari Jepang.

    Toyota RAV4 2014 (Eksterior) - Foto 06

    “Jika kondisi ekonomi di Indonesia semakin baik, tidak menutup kemungkinan akan dijual. Kemungkinan harganya pada kisaran Rp 500 jutaan pasalnya masih CBU dari Jepang,” sahut Vice President Director TAM, Suparno Djasmin.

    Generasi-keempat Toyota RAV4 pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show dua tahun silam dan mengusung desain yang sangat jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

    Toyota RAV4 2014 (Interior) - Foto 08

    Sementara untuk urusan mesin, SUV kompak ini ditawarkan dalam empat pilihan mesin berbeda di pasar global – dua mesin bensin dan dua lainnya diesel. Versi bensin meliputi mesin 2.0-liter 4-silinder (3ZR-FAE I4) bertenaga 149 HP dan mesin 2.5-liter 4-silinder (2AR-FE) yang mampu memuntahkan 176 HP.

    Sedangkan versi diesel meliputi mesin diesel 2.2-liter 4-silinder (2AD-FTV) bertenaga 148 HP dan mesin 2.2-liter turbodiesel 4-silinder (2AD-FHV) dengan output tenaga 174 HP. Namun, pilihan mesin ini dapat berbeda-beda untuk tiap-tiap negara. Sementara opsi transmisinya meliputi manual 6-speed, otomatis 6-speed dan CVT.

    GALERI FOTO:

    Sumber: Kompas Otomotif & Dapurpacu

    KOMENTAR