Home MotoGP Tim CRT Dipastikan Akan Mengikuti Kejuaran MotoGP 2012

    Tim CRT Dipastikan Akan Mengikuti Kejuaran MotoGP 2012

    SHARE

    Tim CRT Dipastikan Akan Mengikuti Kejuaran MotoGP 2012 – MotoGP musim 2011 hampir berakhir dengan World Champion baru yakni Casey Stoner yang sudah dinobatkan dan 2 seri tersisa. Tahun depan kita akan menyaksikan musim baru motoGP 2012. Dapat dipastikan kita sudah tak sabar ingin mengikuti gelaran motoGP musim depan, Kenapa? Karena tampaknya begitu banyak isu2 hangat mengenai motoGP 2012. Mulai dari perpindahan para rider, berbagai pengembangan teknologi mesin baru menyusul perubahan regulasi mesin yang kembali ke 1000cc, sampai ke kelas baru moto3 250cc yang akan menggantikan kelas GP125. Dan masih banyak isu-isu hangat lainnya.

    Foto Tim CRT

    Nah, salah satu yang paling banyak diperbincangkan adalah istilah “Motor CRT”, apa sebenarnya Motor CRT itu? Oke, Saya akan mencoba sedikit mengulas tentang CRT (Claiming Rule Team) dengan pemahaman yang saya ketahui. Pada dasarnya, CRT merupakan istilah yang digunakan untuk Tim baru yang akan mengikuti gelaran MotoGP 2012 dengan motor yang menggunakan mesin 1000cc produksi massal (kelas superbike), namun dengan sasis prototipe. Inilah yang membedakan Tim CRT dengan kelas WSBK. Walaupun menggunakan mesin yang sama dengan WSBK, namun chassis dan frame akan sangat berbeda.

    Regulasi tersebut sebenarnya merupakan pengembangan dari regulasi moto2 yang sudah ada sejak tahun 2010 yang lalu. Dimana kelas moto2 menggunakan regulasi mesin satu merek yang saat ini hanya disuplai oleh Honda dengan mesin Honda CBR600RR dan sasis prototipe yang disuplai oleh berbagai pabrikan pembuat sasis. Seperti, Suter, Moriwaki, BQR-Moto2, Tech3, dan lain-lain.

    Sementara di kelas premier MotoGP 2012, mesin 1000cc yang digunakan tidak hanya disuplai oleh satu pabrikan saja. Tetapi, Tim-tim yang akan mengikuti kompetisi MotoGP 2012 diperbolehkan menggunakan mesin 1000cc Superbike yang merupakan sepeda motor produksi massal. Seperti, mesin 1000cc motor produksi massal dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati, Aprial, dan KTM. Asalkan sesuai dengan regulasi mesin lainnya yang telah ditetapkan oleh Dorna.

    Foto Mesin 

    Regulasi pengembalian mesin MotoGP ke 1000cc yang disusul diperbolehkannya penggunaan mesin 1000cc produksi massal oleh Tim CRT ini sebenarnya dibuat untuk mengurangi biaya yang dibutuhkan oleh sebuah Tim agar bisa berkompetisi di kelas MotoGP musim depan.  Dengan regulasi tersebut diharapkan akan banyak Tim baru yang mendaftar dan meramaikan persaingan motoGP musim 2012. Terbukti, banyak pihak yang tertarik dan melakukan pembicaraan dengan kami.” Seperti yang dikatakan, Carmelo Ezpelata, petinggi Dorna. Prediksi Ezpelata, setidaknya akan ada 22 peserta di motoGP musim 2012.

    Salah satu Tim yang sepertinya positif menjadi CRT adalah Suter Marc VDS MotoGP Team. Tim ini akan menggunakan mesin 2012 BMWS1000RR dengan sasis buatan Suter (Perusahaan asal Swiss yang banyak menyuplai chassis ke beberapa Tim di moto2. Namun, pada tahun 2007 yang lalu Suter juga pernah membuat sasis untuk proyek Tim MotoGP Ilmor X3.

    Gallery Foto Tim CRT MotoGP 2012:

    TSR
    Tech3
    Moriwaki
    Add caption


    Berikut adalah beberapa regulasi untuk Tim CRT Yang Perlu Kita Ketahui:

    Mesin Prototype 1000cc

    • Segala mesin2 1000cc yang tidak dimasukan oleh anggota MSMA (Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki) harus disetujui dulu oleh Komisi Grand Prix sebelum dapat digunakan untuk berpartisipasi di kelas motoGP musim 2012. Maksudanya mungkin adalah mesin-mesin diluar mesin RC213V 1000cc, YZR-M1 1000cc, Desmosedici GP12, atau GSV-R yang sudah resmi digunakan di motoGP. Jadi mesin2 yang dimaksud mungkin seperti mesin 2012 BMW S1000RR yang akan digunakan Tim Marc VDS dan mesin-mesin motor produksi massal lainnya seperti, Yamaha YZF-R1, Honda CBR1000RR, Suzuki GSX-R1000, Kawasaki ZX-10R, DLL.
    • Semua Tim CRT akan mendapatkan beberapa perlakuan khusus, yang dilakukan untuk mentoleransi kemampuan mesin-mesin baru (produksi massal) yang belum terlalu diketahui tingkat kompetitif-nya dibanding mesin-mesin prototipe. 
    Kawasaki Engine 1000cc 

    • Semua Tim CRT diperbolehkan menggunakan 12 mesin selama satu musim, dengan catatan sudah memiliki pembalap yang tetap dan bukan pembalap wild card. Sedangkan Tim non-CRT hanya diperbolehkan menggunakan 6 mesin dalam satu musim, seperti Repsol Honda Team, Yamaha Factory Racing Team, DLL. 
    • Kapasitas maksimum tangki bahan bakar yang diperbolehkan adalah 24 liter untuk Tim CRT, sedangkan untuk tim non-CRT hanya diperbolehkan maksimal 21 liter. Mungkin, aturan ini membuat biaya yang dikeluarkan oleh semua Tim CRT menjadi lebih ringan dibandingkann Tim non-CRT, dan ini juga bisa menjadi bantuan untuk berbagai Tim independen di MotoGP 2012.
    • Semua Tim CRT tidak harus berasal dari anggota MSMA, tetapi tetap harus tunduk dengan segala peraturan yang telah disepakati oleh semua anggota MSMA.
    • Mulai MotoGP musm 2012 nanti, setiap Tim Independen diperbolehkan mengajukan status sebagai Tim CRT ini untuk Tim-nya. Di akhir musim, semua mesin Tim CRT dapat dibeli oleh anggota MSMA dengan harga €20.000 (inc. gearbox) atau €15.000 (exc. gearbox).

    KOMENTAR