Home MotoGP Aturan Bobot Motor MotoGP Dirombak, Software Dibekukan

    Aturan Bobot Motor MotoGP Dirombak, Software Dibekukan

    SHARE

    Software ECU Tunggal
    MESINBALAP.com – Komisi Grand Prix MotoGP telah mengumumkan perombakan regulasi bobot motor MotoGP dan software ECU tunggal yang akan mulai diseragamkan mulai 2016 mendatang.

    Batasan bobot minimum motor prototipe MotoGP akan dikurangi sebesar 2 kg mulai musim depan, dari yang sebelumnya mencapai 158 kg.

    Menjelang penggunaan ECU tunggal untuk musim 2016, pabrikan MotoGP juga sepakat akan menghentikan pengembangan software ECU buatan mereka sendiri mulai 30 Juni, 2015.

    “Juga telah disepakati bahwa regulasi ini akan ditinjau kembali sepanjang musim 2015 untuk mempertimbangkan kemungkinan penurunan bobot lebih lanjut dari 2 kg untuk musim 2016”, ujar Komisi Grand Prix MotoGP kepada Crash.

    “Setelah tanggal tersebut, pabrikan tidak akan diizinkan memperbarui software mereka kecuali untuk perbaikan masalah ringan yang mungkin mempengaruhi aspek keselamatan.”

    2013 Honda RC213V

    “Mulai 1 Juli 2015, pabrikan akan mengalihkan program pengembangan mereka ke pengembangan software ECU tunggal 2016.”

    Komisi Grand Prix MotoGP menerangkan bahwa software ECU tunggal yang akan dipakai semua tim nantinya akan menggunakan basis software yang saat ini digunakan oleh motor Open Class.

    “Software ini sebagian besar akan menggunakan basis software ECU yang saat ini digunakan oleh motor Open Class”, tambahnya.

    “Pabrikan yang tidak ikut berpartisipasi boleh terus menggunakan dan mengembangkan software mereka sendiri sepanjang musim 2015.”

    “Tetapi juga diizinkan berpartisipasi dalam pengembangan software ECU tunggal tersebut.”

    KOMENTAR