Home MotoGP Dari 13 Seri, Yamaha Baru Menang Sekali! Apakah M1 Memang Bermasalah?

    Dari 13 Seri, Yamaha Baru Menang Sekali! Apakah M1 Memang Bermasalah?

    SHARE

    Yamaha YZR-M1 vs Honda RC213V
    MESINBALAP.com – Musim ini sepertinya menjadi salah satu musim terburuk dan terberat bagi pabrikan Yamaha di MotoGP. Dari 13 seri MotoGP yang digelar, Yamaha baru menang sekali.

    Bisa dibilang buruk lantaran dari 12 seri MotoGP musim ini semuanya diborong Honda melalui Marc Marquez dan Dani Pedrosa, sedangkan Yamaha kebagian satu yakni di Misano kemarin.

    Praktis kini Yamaha hanya punya kesempatan di lima balapan terakhir musim ini, termasuk di Aragon, Motegi, Phillip Island, Sepang dan Valencia. Itu jika mereka mampu tampil kompetitif secara konsisten.

    Dari lima seri terakhir tersebut, Yamaha kemungkinan punya kans menang di Motegi dan mungkin Valencia, mengingat tahun lalu mereka tampil bagus di dua sirkuit itu, meski di Valencia tak bagus-bagus amat.

    Akan tetapi mengecualikan untuk seri MotoGP Phillip Island, lantaran tahun lalu tipe balapannya berbeda dan tidak seperti balapan MotoGP pada umumnya.

    Sedangkan Honda punya kans menang lebih besar di seri Motorland Aragon dan Sepang Malaysia, berkaca pada hasil tahun lalu.

    Marc Marquez vs Jorge Lorenzo

    Tapi juga ada kemungkinan menang di Motegi, Phillip Island dan Valencia, lantaran rivalitas Honda-Yamaha cukup seimbang disana dalam beberapa tahun terakhir.

    Bicara soal kenangan buruk, tahun 2003 adalah terakhir kalinya Yamaha tidak meraih satu kemenangan pun dalam satu musim dan itu menjadi tahun terburuk dalam sejarah Yamaha di era MotoGP modern.

    Ketika itu Valentino Rossi masih bersama Honda dan Lorenzo menjalani tahun keduanya di kelas GP125cc, sedangkan Marquez baru merayakan ulang tahunnya yang ke-10.

    Memori kelam itu sepertinya teringat kembali musim ini ketika Yamaha garing kemenangan. Namun, segera ingatan kelam itu seakan dihapus Rossi di Misano akhir pekan lalu, saat dirinya menjuarai ronde ke-13 MotoGP musim ini.

    KOMENTAR