Home KTM KTM Tegaskan Siap Berlaga di MotoGP pada 2017

    KTM Tegaskan Siap Berlaga di MotoGP pada 2017

    SHARE
    Proton KR dengan Mesin V4 KTM, Jerez 2005
    Proton KR dengan Mesin V4 KTM, Jerez 2005

    MESINBALAP.com – Pimpinan divisi motorsport KTM, Pit Beirer, secara resmi mengkonfirmasi bahwa pabrikan motor asal Austria tersebut siap berlaga di kelas premier MotoGP pada tahun 2017 mendatang.

    KTM sebelumnya sudah terjun sebentar di MotoGP 2005, tapi hanya sebagai pemasok mesin untuk Team Roberts. Namun, KTM gagal total lantaran mesin V4 yang dikembangkannya dinilai terlalu agresif, sangat buruk dan perangkat elektroniknya juga ketinggalan jaman.

    Mesin KTM GP1 V4 berkubikasi 990cc tersebut dijejalkan di sasis motor Proton-KR pada tahun 2005.

    “Aku bisa mengkonfirmasi bahwa kami telah mengambil keputusan akan membuat langkah besar ke MotoGP”, ujar Pit Beirer selaku pimpinan divisi motorsport KTM.

    “Kami awalnya punya rencana masuk ke Moto2 terlebih dahulu dan berkembang secara bertahap. Tapi sangat tidak masuk akal membangun motor KTM dengan mesin Honda di dalamnya, sehingga itu tidak akan pernah menjadi KTM yang sesungguhnya.”

    KTM GP1 V4 990cc & Rolling Chassis, Proton-KR 2004
    KTM GP1 V4 990cc & Rolling Chassis, Proton-KR 2004

    “Jadi kami memutuskan untuk membuat lompatan besar dan masuk ke MotoGP. Kami sudah sangat sibuk dengan urusan ini dan kami mencoba segalanya agar siap pada musim 2017.”

    Beirer menambahkan bahwa motor yang akan digunakan KTM di MotoGP 2017 mendatang akan menggunakan mesin V4 dengan dukungan sasis tubular dan suspensi WP. Prototipe tersebut dijadwalkan siap diuji coba pada akhir tahun depan.

    KTM GP1 V4 990cc & Rolling Chassis 2004
    KTM GP1 V4 990cc & Rolling Chassis 2004

    “(Motor) itu akan menjadi KTM yang sesungguhnya dengan konsep mesin V4. Tapi pada akhirnya motor ini akan menggunakan rangka tubular dengan suspensi WP, dan 100 persen akan dibangun dan dibuat di Austria oleh KTM”, terangnya.

    “Jadi kami tidak akan mencari pemasok (komponen) eksternal untuk membangun motor tersebut.”

    Sasis Proton-KR dengan Mesin V4 KTM 2005
    Sasis Proton-KR dengan Mesin V4 KTM 2005

    “Kami ingin membuatnya menjadi KTM yang sebenarnya dan jelas itu akan sulit. Kami tahu ini akan menjadi proyek yang sangat sulit bagi kami dan kami akan membutuhkan waktu bertahun-tahun mulai dari sekarang untuk masuk ke kelas (MotoGP) dan menjadi siap.”

    “Tapi aku juga yakin insinyur kami mampu melakukannya. Ini merupakan proyek jangka panjang.”

    Shane Byrne & Proton-KR V4 KTM 2005
    Shane Byrne & Proton-KR V4 KTM 2005

    “Kami berharap bisa menjadi bagian dari pertunjukan besar di dunia sepeda motor. Karena MotoGP adalah impian bagi setiap pabrikan – bisa menjadi bagian dari level balap motor paling tinggi di dunia. Itu adalah target kami”, tutup Beirer.

    KTM saat ini fokus di kelas Moto3, bersaing dengan rival terkuatnya – Honda dan Mahindra.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR