Home MotoGP Inilah Alasan Jarvis Pilih Edwards Sebagai Tester Yamaha

    Inilah Alasan Jarvis Pilih Edwards Sebagai Tester Yamaha

    SHARE

    Colin Edwards, MotoGP USA 2005
    MESINBALAP.com – Bos Movistar Yamaha MotoGP, Lin Jarvis, menilai bahwa Colin Edwards merupakan kandidat yang tepat untuk menjadi tester Yamaha dalam uji coba ban Michelin baru.

    Edward diyakini bakal memainkan peran penting untuk mengadaptasikan Yamaha YZR-M1 dengan balutan ban Michelin sebelum digunakan secara resmi pada MotoGP 2016 mendatang.

    Setelah berpisah dengan Forward Racing beberapa waktu lalu, joki berdarah Amerika ini langsung dikontrak Yamaha untuk menjadi tester mereka mulai musim ini sampai tahun depan.

    “Kontrak Colin akan berjalan sejak awal bulan ini hingga akhir tahun 2015. Dia wajib melaksanakan enam hari pengujian tahun ini dan 12 hari pengujian pada tahun depan”, terang bos Yamaha Lin Jarvis kepada MCN.

    Colin Edwards, MotoGP Catalunya 2006

    “Dalam 18 bulan ke depan sangat penting bagi Michelin untuk memahami dan mengembangkan ban yang pada akhirnya akan kami gunakan mulai tahun 2016 dan seterusnya.”

    Edwards dijadwalkan akan memulai pengujian intensif bersama Yamaha dan Michelin mulai pekan ini di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang.

    Colin Edwards, MotoGP USA 2006

    “Hal ini juga sangat penting bagi kami untuk memahami seberapa jauh tingkat teknologi yang mereka gunakan. Mereka mengubah ukuran velg menjadi 17 inci, ban akan jadi lebih kecil dan akan memiliki karakteristik yang berbeda”, tambah Jarvis.

    “Yamaha dan Honda kurang lebih punya kecepatan yang sama di lintasan tetapi karakteristiknya sangatlah berbeda. Kami benar-benar perlu mengembangkan motor kami untuk keperluan tersebut.”

    Colin Edwards, MotoGP Belanda 2007

    Jarvis mengakui jika Yamaha memang mendekati Edwards saat dia memutuskan cabut dari Forward Racing di seri MotoGP Indianapolis bulan lalu. Sejak saat itu posisi Edwards di Forward Racing digantikan oleh Alex de Angelis.

    “Ada banyak pengujian yang harus dilakukan dan kami memerlukan pembalap cepat yang mengetahui seluk beluk MotoGP, serta pembalap yang punya pengalaman diatas M1 juga bermanfaat”, ujar Jarvis sambil membeberkan alasannya.

    Colin Edwards, MotoGP Mugello 2008

    “Colin memiliki sejarah panjang dengan kami tapi juga dengan Michelin, jadi itu hal yang logis untuk dilakukan.”

    “Aku pikir itu hal yang ideal karena sudah memberikan kami akses terhadap Colin untuk tahun ini dan tahun depan. Dan itu baik baginya karena dia bisa terus mempertahankan hubungannya dengan Yamaha dan keterlibatannya dengan olahraga ini.”

    KOMENTAR