Home MotoGP Aragon, Spanyol Yamaha Berada Dalam Tekanan Berat Akibat SSG

    Yamaha Berada Dalam Tekanan Berat Akibat SSG

    SHARE

    SSG Yamaha YZR-M1
    MESINBALAP.com – Yamaha sedang berada di bawah tekanan lantaran Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terus memaksa mereka untuk mengupgrade piranti seamless-shift gearbox milik M1.

    Yamaha mulai menggunakan SSG sejak bulan September tahun lalu dan saat ini baik Rossi maupun Lorenzo sudah bisa melakukan downshifting (menurunkan gigi persneling) tanpa menggunakan kopling.

    Sayangnya, sistem seamless gearbox Yamaha M1 ini hanya bekerja saat pembalap menaikkan gigi persneling (upshift) dan masih terdapat jeda saat downshifting. Ini berbeda dengan sistem SSG Honda RC213V, yang tetap mulus saat persneling naik turun.

    Yamaha MotoGP Group Leader, Kouichi Tsuji, pernah mengatakan bahwa SSG milik YZR-M1 tersebut hanya bekerja saat upshift saja. Meski begitu, saat ini pengembangannya terus berlanjut di markas besar Yamaha di Iwata, Jepang. (Baca: Yamaha Sedang Kembangkan Downshift SSG Tanpa Jeda).

    “Kami berusaha keras untuk mengembangkan (gearbox tersebut), sehingga downshiftingnya bisa halus tanpa jeda tapi aku tidak tahu kapan itu bakal siap”, terang Tsuji kepada MCN.

    Valentino Rossi

    Rossi dan Lorenzo yakin Honda punya keunggulan lebih saat melakukan pengereman maupun saat memasuki tikungan, berkat SSG itu. Keduanya pun setuju jika full-SSG (upshift dan downshift) bisa membantu YZR-M1 menjadi lebih kompetitif.

    “Gearbox kami bekerja sangat baik ketika anda berakselerasi (upshift). Tetapi di sektor pengereman ketika anda melakukan downshifting kami tidak punya sistem seamless (tanpa jeda) dan itu belum lah siap”, terang Rossi kepada MCN.

    Rossi, Brno

    “Kami terus memaksa (Yamaha) agar memiliki gearbox seamless di sektor pengereman seperti Honda, karena Jorge dan aku berpikir kami bisa banyak menyempurnakannya (dari sektor itu).”

    “Tapi itu masih belum siap dan aku tidak tahu kapan itu akan tersedia. Tahun ini aku pikir sulit tapi aku berharap secepat mungkin (menerimanya).”

    KOMENTAR