Home MotoGP Aragon, Spanyol Enggan Masuk Pit, Marquez Akui Salah Perhitungan Strategi

    Enggan Masuk Pit, Marquez Akui Salah Perhitungan Strategi

    SHARE

    Marquez Terjatuh di Aragon
    MESINBALAP.com – Marc Marquez akhirnya harus puas finish di posisi ke-13 setelah menerapkan strategi yang salah di balapan basah MotoGP Aragon, Minggu (28/9/2014). Joki Honda ini nekad meneruskan balapan dengan menggunakan ban slick.

    Hujan mulai menunjukkan tanda-tandanya ketika balapan tersisa sekitar 10 lap. Saat itu pimpinan balapan ada di tangan Marquez, ditempel Pedrosa dan Lorenzo yang mulai menjauh.

    “Balapan hari ini sulit karena aku dan banyak pembalap lainnya di MotoGP tidak pernah mengalami kondisi lintasan seperti ini sebelumnya”, tulis Marquez dalam rilis Repsol Honda.

    “Itu memalukan – hujan mulai turun, jika tidak, maka aku pikir Dani, Jorge dan aku akan membuat akhir balapan benar-benar menarik bagi para fans.”

    Saat race tersisa 4 lap dengan kondisi lintasan yang mulai tergenang air, Marquez memutuskan tidak masuk ke pit dan mengganti motor cadangan yang telah dilengkapi ban basah.

    Marc Marquez, Repsol Honda, Aragon Race

    “Aku rasa kami telah melakukan pekerjaan yang baik sepanjang akhir pekan, cuman disayangkan soal kecelakaan itu”, tambahnya.

    Strategi itu diterapkan Marquez lantaran balapan hanya menyisakan beberapa lap saja, jadi dia sama saja berjudi dalam kondisi basah. Namun, dia mengakui seharusnya dia menerapkan strategi yang berbeda dalam situasi seperti itu.

    “Aku berusaha bertahan karena hanya ada beberapa lap yang tersisa. Tapi hari ini aku belajar bahwa dalam situasi ini lebih baik menggunakan strategi yang berbeda”, tutupnya.

    Artinya Marquez gagal podium untuk kedua kalinya setelah seri Misano yang lalu.

    KOMENTAR