Home General Motors Wahhh, GM Indonesia Rugi Rp 2,59 Triliun

    Wahhh, GM Indonesia Rugi Rp 2,59 Triliun

    SHARE

    GM IndonesiaMESINBALAP.com – Kabar sedikit kurang mengenakkan di dunia otomotif datang dari GM Indoneisa. Senin (2/3/2015), pihak manajemen GM Indonesia menemui Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin di kantor Kemenperin, Jakarta. Kunjungannya kali ini berkaitan dengan penutupan pabrik di Pondok Ungu, Bekasi yang akan dilakukan akhir Juni mendatang.

    Kedatangan pihak GM Indonesia kali ini diwakili oleh Pranav Bhatt yang memegang jabatan sebagai Direktur Keuangan General Motors Indonesia Manufacturing. Usai pertemuan berlangsung, Saleh megatakan bahwa ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan. Termasuk pihak GM yang mengaku mendapatkan kerugian hingga ratusan juta dollar periode 2013-2014.

    “Total kerugian yang mereka alami mencapai 200 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,59 triliun. Dihitung dari pertama mulai beroperasi hingga sekarang ini setiap bulannya menghabiskan sekitar 4 juta dollar AS (Rp 51,9 miliyar). Walaupun dengan kerugian yang tidak sedikit, pihak GM berjanji akan tetap bertanggung jawab terhadap karyawannya,” papar Saleh.

    Dari hasil pertemuan itu pun diketahui bahwa pihak GM akan memindahkan sebagian besar karyawannya yang bekerja di pabrik akan dialihkan ke divisi lain, diantaranya adalah divisi penjualan, distribusi, atau National Sales Company (NSC).

    “GM memastikan karyawannya akan mendapatkan kompensasi di atas peraturan pemerintah seperti ada tambahan gaji 9-10 bulan gaji tergantung masa kerjanya,” ungkap Saleh pula.

    Setiap karyawan pun memiliki kesempatan untuk pindah ke divisi lain atau mengambil paket PHK. Menteri Perindustrian sangat mengapresiasi kecepatan kerja dan terbukanya pihak GM dalam mengatasi masalah yang kini mengalaminya.

    “Mereka akan tetap bertanggung jawab. Yang ditutup itu hanya pabriknya, kalau GM masih tetap ada di Indonesia,” jelas Saleh.

    KOMENTAR