Home Motor Jika Yamaha R3 Dijual di Indonesia, Berapa Harganya?

    Jika Yamaha R3 Dijual di Indonesia, Berapa Harganya?

    SHARE

    Yamaha YZF-R3 IntermotMESINBALAP.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang fokus memproduksi dan memasarkan YZF-R25 untuk pasar lokal ataupun ekspor. Tapi Yamaha juga memiliki R3 yang saat ini berstatus barang ekspor.

    Setelah Kawasaki Indonesia memutuskan untuk menghadikan Ninja 300 dengan jumlah terbatas, nah yang menjadi pertanyaan apakah Yamaha akan mengikuti jalan Kawasaki mendatangkan R3 ke Indonesia?

    “Nggak ikut-ikutan lahh. Buat apa? Kalau competitor menjual, ya kami persilakan saja. Untuk saat ini kami belum tertarik untuk menghadirkan Yamaha R3 ke Indonesia,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM di Bogor Senin (2/3/2015).

    Salah satu alasan terberat mengapa Yamaha belum mendatangkan YZF-R3 ke Indonesia adalah masalah harganya. Sepeda motor yang menggunakan mesin berkapasitas lebih tinggi dari 250cc akan terbebani pajak yang tinggi. Dan sudah dipastikan harganya akan melambung tinggi.

    Harga jual Yamaha R25 standar sekitar Rp 53 juta. Jika dihitung harga asli R3 plus ditambah pajak, kemungkinan harga jualnya bisa mencapai angka Rp 84 juta. Tingginya harga ini jauh dari hitungan ekonomis untuk market Indonesia.

    Yamaha R3

    “Akan tetap ada orang yang membeli, tapi jumlahnya sedikit. Antara R25 dan R3 ini hampir sama, hanya beda kubikasi saja. Saya rasa R25 lebih tepat,” papar Masykur.

    Jika berniat untuk memasarkan Yamaha R3, kemungkinan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan harga Ninja 300 yang dilabeli harga Rp 83,9 juta.

    KOMENTAR