Home General Motors Wah Ternyata GM Juga Tutup Pabrik Rusia

    Wah Ternyata GM Juga Tutup Pabrik Rusia

    SHARE
    Pabrik GM St Petersburg, Rusia
    Pabrik GM St Petersburg, Rusia

    MESINBALAP.com – Setelah General Motors (GM) memutuskan untuk menutup pabriknya yang berada di Bekasi pertengahan tahun ini, kini GM juga memastikan akan menutup pabriknya yang ada di Rusia pada akhir tahun 2015.

    Pabrik yang merupakan penghasil mobil terbesar di Amerika Serikat ini akan menghentikan pemasaran merk Opel, semua produk Chevrolet, dan juga meninggalkan semua alat serta fasilitas perakitan yang ada di St Petersburg, Rusia.

    “Chevrolet akan mulai meminimalisir produknya di Rusia dan untuk merk Opel langsung akan meninggalkan pasar di Rusia mulai bulan Desember 2015,” klarifikasi GM melalui situs Autonews, Rabu (18/3).

    “Pabrik GM yang berada di St Petersburg akan mulai menghentikan produksi mobil Chevrolet mulai pertengahan tahun 2015. GM akan membiarkan pabrik dalam kondisi idle. Kontrak perakitan untuk Chevrolet yang dilakukan di pabrik GAZ juga dihentikan tahun 2015,” kata GM menambahkan.

    Walaupun memutuskan untuk menutup pabriknya, GM akan tetap memastikan mengenai layanan garansi dan ketersediaan komponennya untuk semua komponen model Opel dan Chevrolet yang sudah ada di pasaran.

    Sebelumnya Rusia adalah salah satu pasar yang sangat potensial dalam dunia otomotif. Namun setelah terjadi krisis ekonomi, penjualan mobil di tahun 2014 anjlok hingga 10%. Dan perkiraan untuk tahun ini, penurunan bisa mencapai 35%.

    “Penutupan ini untuk melindungi bisnis kami. Setelah ini kami berencana kembali ke Eropa mulai tahun 2016 untk menggapai target jangka panjang sesuai dengan strategi DRIVE!2022,” kata Karl-Thomas Neumann, bos Opel.

    Sementara itu, GM masih akan memasarkan mobil premiumnya di Rusia dengan melihat potensi yang masih ada. Produk Chevrolet yang masih akan mengaspal di Rusia diantaranya adalah Cadillac, Chevrolet Corvette, Camaro, dan Tahoe.

    KOMENTAR