Home MotoGP Rossi dan Stoner Meninggalkan Ducati Karena Masalah Yang Sama

    Rossi dan Stoner Meninggalkan Ducati Karena Masalah Yang Sama

    SHARE

    Casey Stoner - Ducati Team
    Casey Stoner – Ducati Team
    Mesinbalap.com – Hengkangnya Rossi dari Ducati dan kembalinya ke Yamaha memang jauh dari kata mengejutkan. Mimpi Rossi untuk mendapatkan gelar juara dunia dengan tiga motor dan tiga pabrikan berbeda kini pupus sudah. Pembalap Italia tersebut berharap bisa meraih gelar juara dunia dengan Ducati sebelum dirinya mengakhiri karirnya di MotoGP.

    Ketika berada di Valencia pada akhir 2010 lalu, Rossi terkejut karena mengetahui mesin Desmosedici GP10 bekas tunggangan Stoner yang telah memenangkan tiga dari enam balapan terakhir tahun 2010 adalah sangat jauh dari kata kompetitif menurutnya. Jelas, kemenangan datang dari bakat alami Stoner, bukan karena Desmosedici.

    Sejak saat itu, meskipun berbagai pengembangan telah dilakukan tapi hasilnya tetap sama, motor masih jauh dari kata kompetitif. Bahkan, meskipun frame telah dimodifikasi dan tata letak mesin dirotasi sedikit mundur, namun lagi-lagi hasilnya tetap sama.

    Mesin tidak memiliki perasaan front end, cenderung mengalami understeer, dan pengiriman tenaga terlalu agresif. Semua umpan balik yang diberikan Rossi dan Jeremy Burgess ke Ducati Corse telah gagal dalam membuat perbaikan yang jelas pada Desmosedici.

    Stoner Crash

    Intinya, Rossi telah mengalami masalah yang sama yang juga menyebabkan Stoner meninggalkan pabrik Italia tersebut. Disisi lain, umpan balik Rossi sering diabaikan dan pengembangan datang sangat lamban. Hengkangnya Rossi dari Ducati akan menjadi pukulan keras bagi pabrikan Bologna tersebut.

    Kemarin, bos tim Ducati yakni Vittoriano Guareschi mengatakan kepada Gazzetta bahwa Ducati tidak memiliki rencana B untuk menghentikan kepergian Rossi. Ducati kabarnya juga telah menawarkan kontrak senilai 17.000.000 Euro kepada Rossi, tapi pembalap bernomor #46 tersebut membantahnya di Laguna Seca.
    Rossi Crash - Laguna Seca
    Pada akhirnya, Rossi tidak bisa menunggu. Pengambilalihan Ducati oleh Audi tidak akan berbuah lebih cepat setidaknya dalam satu tahun atau lebih. Kembali ke Yamaha YZR-M1 yang masih kompetitif mungkin akan memberinya kesempatan untuk berdiri di podium dan memenangkan setiap balapan. Sekarang kita hanya menunggu konfirmasi resmi baik dari Yamaha maupun Ducati.

    Mengingat setelah pengumuman Ben Spies di Laguna Seca yang mengatakan bahwa dia akan meninggalkan Yamaha pada akhir musim. Tentunya, Yamaha akan sangat senang untuk mengumumkan kabar baik secepat mungkin. Rossi sendiri telah mengatakan bahwa dia berharap dapat segera membuat keputusan menjelang Grand Prix Indianapolis dan diumumkan di Brno.

    Photo Gallery:

    KOMENTAR