Home Auto News Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siapkan Paket Mesin Moto2 dan Moto3

    Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siapkan Paket Mesin Moto2 dan Moto3

    SHARE
    Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siapkan Paket Mesin Moto2 dan Moto3
    Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siapkan Paket Mesin Moto2 dan Moto3

    Mesinbalap.com– Yamaha Motor Co., Ltd. baru-baru ini telah mengkonfirmasi bahwa mereka berencana untuk mengembangkan dua motor berspesifikasi Moto2 dan Moto3.

    Seperti kita ketahui, mesin Moto2 saat ini dipasok oleh Honda dengan basis mesin CBR600RR tetapi kontrak Honda dengan Dorna dan FIM sebagai pemasok mesin Moto2 akan berakhir tahun depan.

    Awalnya, tender mesin Moto2 menjelang tahun 2010 lalu telah diperebutkan oleh tiga pabrikan Jepang termasuk Honda, Yamaha dan Kawasaki.

    Setiap pabrikan saat itu diwajibkan untuk menyodorkan kontrak kepada Dorna dan FIM, lengkap dengan spesifikasi dan harga mesin. Tetapi Honda pemenang tendernya dan FIM beserta Dorna menunjuk Honda sebagai pemasok mesin Moto2 sejak saat itu.

    Jika Yamaha benar-benar mengembangkan mesin Moto2, kemungkinan besar akan menggunakan basis mesin produksi massal YZF-R6. Sama seperti Honda yang juga menggunakan basis mesin motor produksi massal CBR600RR yang juga digunakan di World Supersport Championship.

    Prototype Honda NSF250R
    Prototype Honda NSF250R

    GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia mengatakan, “Saya telah mendapatkan konfirmasi dari Yamaha Motor Company bahwa mereak tengah mengembangkan sepeda motor untuk Moto2 dan Moto3, kata Mangiring Siahaan.

    Dia juga menambahkan, “Moto2 saat ini menggunakan mesin dari Honda, kontraknya dengan Dorna dan FIM akan berakhir tahun depan. Diharapakan mulai tahun 2014 regulasi berubah, tidak lagi menggunakan model satu pemasok mesin”.

    Nah, yang jadi pertanyaan dan bikin penasan, bagaimana untuk kelas Moto3? Mungkinkah Yamaha akan menggunakan mesin produksi massal YZF-250R? Sementara Honda menggunakan motor semi prototype NSF250R, bukan CBR250R. Silahkan tuangkan prediksi anda di kolom komentar di bawah ini!!!

     

    High-Resolution Photo Gallery:

    [fbphotos id=440577959323356]

    KOMENTAR