Home MotoGP Duel Seru MotoGP Jerez 2013: Pedrosa Melesat Jauh, Marquez Asapi Lorenzo Ditikungan...

    Duel Seru MotoGP Jerez 2013: Pedrosa Melesat Jauh, Marquez Asapi Lorenzo Ditikungan Terakhir

    SHARE

    Duel Seru Marquez vs Lorenzo
    Duel Seru Marquez vs Lorenzo
    Jerez (MB) – Sungguh diluar dugaan jika Honda akan menang di MotoGP Jerez kemarin dan mengasapi kompetitornya dengan dua pembalapnya. Menjelang race, sangat minus prediksi yang menyatakan bahwa pabrikan Jepang berlogo sayap tunggal tersebut dapat tampil apik di Jerez, pasalnya Jerez merupakan trek yang katanya cocok dengan karakteristik Yamaha YZR-M1.

    Tapi apa daya, selepas start Pedrosa langsung menunjukkan taringnya terhadap semua lawannya, nyaris setelah dia mendapat kritik tajam dari mantam pembalap Suzuki GP500 yakni Kevin Schwantz. Usai start, pembalap bernomor 26 tersebut langsung mengambil alih posisi dari sang pemegang pole position Jerez #99 yang baru-baru ini namanya juga diabadikan di salah satu tikungan di trek Jerez.

    Tim garpu tala harus gigit jari ketika melihat Pedrosa mampu menyalip Lorenzo dengan sangat mulus di salah satu tikungan di Jerez. Nyaris, si pembalap mungil pun langsung membuat GAP yang cukup jauh dengan rival senegaranya tersebut.

    Pedrosa tak terkejarYZR-M1 memang terkenal cukup kompetitif di trek ini tetapi apa daya, RC213V mampu tampil lebih kompetitif diluar prediksi. Sama seperti tahun lalu ketika Stoner tampil perkasa dengan motor Honda-nya mampu mengambil alih podium pertama dan mengasapi rivalnya “Jorge Lorenzo” di Jerez, yang merupakan kandangnya Lorenzo.

    Pertarungan sengit justru terjadi antara sang Rookie MotoGP “Marq Marquez” dengan seniornya “Lorenzo”, yang lucunya membuat Tim Garpu Tala kebingungan karena tekanan yang diberikan Marquez cukup kuat. Sampai-sampai tim Yamaha dibuat bingung sendiri ketika mereka memberikan informasi GAP kepada Lorenzo, dipasang lalu dicopot lagi deh dan begitu seterusnya.

    Ketika pertarungan dimulai, nyaris tak ada celah ditikungan buat si Rookie untuk mengovertake Lorenzo. Bahkan, Lorenzo sempat melalukan beberapa kali pengereman agresif tepat dibelakangnya ada Marquez, yang akhirnya membuat si Rookie tersebut pontang panting dengan motor Hondanya. Dan GAP antara kedua pembalap tersebut pun terjadi hanya dalam beberapa lap kemudian.

    Tak lama setelah itu, Marquez kembali menunjukkan skillnya dan mulai mendekati Lorenzo pada lap-lap akhir. Pertarungan pun dimulai kembali, Marquez mulai mencari celah disetiap tikungan untuk mengambil alih racing line-nya Jorge Lorenzo. Juara dunia MotoGP 2012 tersebut memang memiliki kemampuan cukup cerdik di setiap tikungan untuk menutupi pembalap dibelakangnya, sehingga tak ada celah sedikitpun yang bisa dimanfaatkan oleh pembalap dibelakang-nya untuk memasuki racing line-nya.

    Duel seru Lorenzo VS MarquezKetika race menyisakan 1 lap, Marquez memberikan tekanan yang cukup hebat terhadap Lorenzo, sampai-sampai racing line-nya sempat melebar ketika mengovertake Lorenzo dari sisi luar.

    Ternyata hal itu tak membuat Marquez menyerah, dia kembali menggeber Honda RC213V hingga mengambil alih posisi Lorenzo tepat ditikungan terakhir menjelang finish ketika Lorenzo melebar, dimana itu adalah tikungan yang baru saja diabadikan dengan nama Lorenzo.

    Tak dapat dihindari, senggolan hebat pun terjadi antara kedua pembalap ini tepat ditikungan terakhir menjelang finish. Lorenzo melebar ke sisi kanan tikungan, dan dengan sangat cerdas-nya Marquez memanfaatkan momen penting ini untuk mengovertake Lorenzo dari sisi dalam tikungan.

    Tak mau diasapi Juniornya, Lorenzo pun langsung menggeber Yamaha M1 ke sisi dalam tikungan hingga akhirnya terjadilah senggolan hebat tersebut. Tapi apa daya, Marquez sanggup melesat lebih dulu dan merebut podium ke-2 MotoGP Jerez.

    Hal ini mirip dengan kejadian antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau pada tahun 2005 yang lalu. Bedanya saat itu Gibernau dibuang jauh oleh Rossi hingga keluar gravel ketika senggolan terjadi, tepat setelah Rossi dengan cara paksa-nya memasuki racing line-nya Gibernau. Masih ingat pada gak??

    Lorenzo geleng-geleng kepala dan kubu Yamaha Factory sempat tak terima dengan kenyataan pahit ini dan juga insiden antara kedua pembalap. Dengan ciri khas-nya, dia Mengacungkang Jari Telunjuk-nya kepada Dorna dan penonton, sebelum akhirnya dia mau mengakui kesalahannya saat melebar cukup jauh ditikungan terakhir menjelang finish.

    Foto Lorenzo VS MarquezTetapi, bagaimanapun, Race Direction GP Jerez telah menyatakan bahwa overtake yang dilakukan oleh Marq Marquez terhadap Lorenzo adalah sah dan normal-normal saja dalam sebuah balapan. Dan akhirnya, klasemen sementara MotoGP masih milik Marquez dengan selisis poin yang tipis.

    Si Rookie Marq Marquez finish dengan catatan waktu 1 menit 41,602 detik atau lebih lambat 2,487 detik dari rekan setim-nya yakni Dani Pedrosa. Sedangkan catatan waktu Lorenzo hanya lebih lambat 2,602 detik dari Marquez.

    Hasil Race MotoGP Jerez 2013

    Pos/Rider/Team/Time (Gap)

    1. Dani PEDROSA Repsol Honda 45’17.632
    2. Marc MARQUEZ Repsol Honda 2.487
    3. Jorge LORENZO Yamaha Factory +5.089
    4. Valentino ROSSI Yamaha Factory +8.914
    5. Cal CRUTCHLOW Yamaha Tech 3 +12.663
    6. Alvaro BAUTISTA Honda Gresini +15.094
    7. Nicky HAYDEN Ducati +25.632
    8. Andrea DOVIZIOSO Ducati +41.881
    9. Aleix ESPARGARO Power Electronics +43.812
    10. Bradley SMITH Yamaha Tech 3 +44.461
    11. Michele PIRRO Ducati Test Team +45.974
    12. Hector BARBERA Blusens FTR +59.859
    13. Michael LAVERTY Paul Bird +1’09.743
    14. Danilo PETRUCCI IodaRacing +1’17.813
    15. Colin EDWARDS Forward Racing +1’18.177
    16. Bryan STARING Honda Gresini +1’18.928
    17. Claudio CORTI Forward Racing +1’19.307
    18. Hiroshi AOYAMA Blusens FTR +1’19.457

    Not Classified

    Stefan BRADL LCR Honda 24 Laps
    Andrea IANNONE Pramac Racing 24 Laps
    Lukas PESEK IodaRacing 24 Laps
    Randy DE PUNIET Power Electronics 25 Laps
    Yonny HERNANDEZ Paul Bird 25 Laps

    Klasemen Sementara MotoGP 2013

    Pos/Rider/Points

    1. MARQUEZ 61
    2. PEDROSA 58
    3. LORENZO 57
    4. ROSSI 43
    5. CRUTCHLOW 35
    6. BAUTISTA 28
    7. DOVIZIOSO 26
    8. HAYDEN 24
    9. ESPARGARO 17
    10. IANNONE 13
    11. BRADL 11
    12. SMITH 10
    13. SPIES 9
    14. BARBERA 7
    15. DE PUNIET 6
    16. PIRRO 5
    17. LAVERTY 3
    18. HERNANDEZ 3
    19. PETRUCCI 2
    20. EDWARDS 1
    21. AOYAMA

     

    Galeri Foto:

    KOMENTAR