Home Formula One (F1) Resmi Kembali ke F1, Akhirnya Honda Gandeng McLaren Lagi

    Resmi Kembali ke F1, Akhirnya Honda Gandeng McLaren Lagi

    SHARE

    McLaren-Honda F1 2015
    McLaren-Honda F1 2015

    Tokyo, Mesinbalap.com – Akhirnya rumor yang selama ini kita dengar terkuak juga. Honda secara resmi telah mengumumkan bahwa pada tahun 2015 mendatang mereka siap kembali ke F1, yang merupakan ajang balap mobil prototype paling bergensi di dunia.

    Produsen mobil asal Jepang tersebut juga kembali mengikat kerjasama dengan McLaren, yang merupakan mitra lama mereka sejak tahun 1988. Sejarah mencatat bahwa keduanya menjalin kerja sama kuat sejak tahun 1988 sampai 1993 dan berkat dukungan McLaren pula, Honda bersama pembalapnya Ayrton Senna diakui sebagai salah satu pebalap F1 paling topcer dalam sejarah balap Formula 1.

    Alasan utama kembalinya Honda ke F1 adalah karena telah diterapkannya regulasi baru di balap jet darat ini oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) dan FOM (Formula One Management). Regulasi baru ini mengharuskan setiap pabrikan untuk menggunakan mesin turbocharged 1.6-liter V6 direct-injection lengkap dengan sistem recovery energy, yang diklaim memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

    Alasan kuat inilah yang menyebabkan Honda turun gunung ke F1 lagi. Pasalnya, mesin V6 1.6-liter yang didukung dengan turbocharged dan direct-injection ini telah banyak diterapkan pada beberapa mobil produksi massal Honda. Alhasil, jika mereka turun ke F1 lagi, mereka sudah punya basis mesin untuk melakukan pengembangan dan tentunya mereka akan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil pengembangan tersebut, kemudian bisa diterapkan ke mobil-mobil produksi massal mereka.

    Pengembangan mesin ini menjadi tanggung jawab Honda sepenunya, mulai dari pembuatan mesin sampai mengembangkannya, serta menyediakan power unit dan sistem recovery energy. Sementara McLaren memiliki tugas berbeda, Honda mempercayakan tanggung jawab sepenuhnya kepada McLaren untuk membuat chassis sekaligus mengembangkannya agar dapat kompetitif sepanjang balapan. Selain itu, Honda percaya sepenuhnya kepada McLaren untuk mengurus manajemen tim baru “McLaren-Honda”.

    Nah, alasan Honda kembali ke F1 pada tahun 2015 adalah karena mereka sengaja memanfaatkan tahun 2014 untuk melakukan revisi menyeluruh terhadap mesin turbocharged 1.6-liter V6 direct-injection. Sehingga agar sesuai dengan regulasi baru F1 dan diharapkan dapat kompetitif dibalap jet darat ini.

    Honda sengaja memilih musim F1 2015 karena pada tahun 2014 perusahaan ini masih ingin mengevaluasi penggunaan mesin 1.6-liter V6 direct injection turbocharger pada regulasi baru F1. Honda gulung tikar dari F1 pada tahun 2008 karena alasa krisis finansial yang melanda beberapa negara di Eropa dan Asia.

    “Regulasi F1 baru yang secara signifikan fokus pada lingkungan akan menginspirasi pengembangan lebih besar dari teknologi canggih kami sendiri dan ini merupakan pusat partisipasi kami di F1. Sejak berdirinya, Honda telah menjadi perusahaan yang tumbuh dengan mengambil tantangan dalam dunia balap. Honda memiliki sejarah panjang dalam memajukan teknologi kami dan memelihara orang-orang kami dengan berpartisipasi dalam balap mobil paling bergengsi di dunia”, kata CEO Honda, Takanobu Ito.

    KOMENTAR