Home Motor Yamaha YZF-R250 Akan Diluncurkan Akhir Tahun ini!

    Yamaha YZF-R250 Akan Diluncurkan Akhir Tahun ini!

    SHARE

    Foto Yamaha YZF-R250 Yang Disamarkan - Foto 1/3
    Foto Yamaha YZF-R250 Yang Disamarkan – Foto 1/3

    Jakarta, Mesinbalap.com – Yamaha Motor Indonesia (YMII) tampaknya sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan New Yamaha YZF-R250 yang dijadwalkan pada akhir tahun ini. Produk baru ini diluncurkan untuk bersaing dengan dua kompetitor-nya yang telah hadir lebih dulu, siapa lagi kalo bukan temen-nya si Ninja Hatori “Kawasaki Ninja 250” dan Honda CBR250R. Inget kan sama Hatori? :D

    Yamaha YZF-R250 ini digadang-gadang bakal mampu mengasapi CBR250R maupun Ninja 250, meskipun diatas kertas maupun trek balap belum ada bukti yang berbicara. Terlepas dari hal itu, Yamaha mengkonfirmasi bahwa YZF-R250 masih dalam tahap pengembangan pada saat ini.

    Soal spesifikasi mesin, Yamaha Indonesia masih enggan untuk membocorkan sedikit rincian spesifikasi mesin dari YZF-R250. Dyonisius Beti selaku Executive Vice President YIMM hanya mengungkapkan jika mereka sedang menyiapkan motorsport bermesin 250cc.

    Namun, sebuah rumor mengindikasikan bahwa mesin berkapasitas 250cc ini akan didukung dengan konfigurasi single-cylinder DOHC liquid-cooled alias mesin 1-silinder, hampir sama persis seperti CBR250R. Masalah output tenaga, diperkirakan dapat mencapai lebih dari 34 HP atau sekitar 25,35 Kw.

    Untuk memperkuat kesan sporty, Yamaha kabarnya telah memutuskan untuk menggunakan frame/chassis deltabox yang cukup ringan (lightweight deltabox frame) dilengkapi dengan cast aluminium swingarm, dan kemungkinan tidak akan mengadopsi frame tubular atau pipa.

    Konsep Yamaha YZF-R250 - Foto 2/3
    Konsep Yamaha YZF-R250 – Foto 2/3

    Nah bagaimana dengan desain-nya? Yamaha YZF-R250 kemungkinan besar akan menggunakan basis YZF-R125 ataupun R15 (150cc) alias berbagi desain dengan saudara kandungnya tersebut. Jadi, bisa dipastikan jika YZF-R250 ini akan memiliki desain yang hampir mirip dengan sesepuhnya.

    YZF-R250 didesain sebagai produk global alias bakal dijual di seluruh dunia. Selain itu, Indonesia dan India akan menjadi negara pertama di dunia yang bakal mencicipi motorsport baru ini, pasalnya Yamaha berencana akan meluncurkan-nya di kedua negara ini sebelum pada akhirnya dijual ke seluruh dunia.

    Hitung menghitung soal harga, Yamaha YZF-R250 terbaru kemungkinan akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 48,7 juta atau setara dengan $5000 U.S. dollar.

    KOMENTAR