Home MotoGP Apa Kata Bridgestone Soal Lorenzo di Le Mans?

    Apa Kata Bridgestone Soal Lorenzo di Le Mans?

    SHARE

    Jorge Lorenzo - Le Mans
    Jorge Lorenzo – Le Mans

    Perancis, Mesinbalap.com – Banyak pihak menduga kegagalan pembalap Yamaha Jorge Lorenzo di MotoGP Le Mans minggu lalu disebabkan karena masalah pada ban Bridgestone yang digunakannya. Lorenzo bahkan sempat beberapa kali mengeluh soal kinerja ban Bridgestone yang kurang memuaskan.

    Namun, Bridgestone menepis anggapan tersebut dan mengatakan bahwa hal itu murni karena set-up motor yang kurang tepat, sehingga menyebabkan kurangnya grip pada bagian belakang motor. Usai race Le Mans, pihak Bridgestone langsung mengkonfirmasi bahwa Lorenzo tak memiliki masalah apapun dengan ban sepanjang race berlangsung.

    Pembalap bernomor #99 tersebut memulai balapan basah dari posisi ke-2 tetapi tak lama kemudian dia harus rela tercecer di posisi belakang karena tak mampu bersaing dengan barisan depan. Lorenzo mengungkapkan bahwa dia merasakan kurangnya grip pada bagian belakang.

    Manajer Departemen Pengembangan Ban di Bridgestone Motorsport menegaskan, “Sudah jelas selama race Jorge memiliki masalah, karena dia tidak bisa menjaga kecepatan yang sama seperti barisan terdepan,” kata Shinji Aoki. Pria ini menjelaskan bahwa masalah ini bukanlah disebabkan karena ban rusak, tetapi lebih berkaitan pada set-up pada motor YZR-M1 yang kurang pas.

    Selama race Le Mans kemarin, Lorenzo kemungkinan menggunakan set-up akselerasi lebih cepat pada motornya agar bersaing dengan para pembalap Honda yang tak diragukan lagi kecepatan-nya. Namun, sial baginya, bukan-nya tampil kompetitif tapi malah sebaliknya, niatnya sih biar gak diasepin lagi sama pembalap Honda. :D Lorenzo kurang pede ketika menggeber motornya dalam lintasan basah Le Mans, dia merasa tak nyaman ketika keluar masuk tikungan.

    Shinji Aoki melanjutkan, “Segera setelah balapan dia memulai sesi tanya jawab dengan insinyur ban, dimana dia menjelaskan kurangnya grip pada bagian belakang. Seperti yang selalu terjadi dalam situasi ini, insinyurnya secara teliti memeriksa ban balap pada motor Jorge yang ditemukan berada dalam kondisi yang baik. Selain itu, saya sendiri memeriksa ban dan membahas masalah ini secara pribadi dengan para insinyur Yamaha dan kita semua sepakat bahwa kurangnya grip yang dirasakan Jorge pada bagian belakang bukanlah disebabkan ban-nya.”

    Yamaha Factory Racing
    Yamaha Factory Racing

    Menurut Aoki, setup mesin sangat penting dalam kondisi trek basah karena perubahan setup sekecil apapun dapat memberikan efek besar pada performa ban dan juga motor.

    “Kami menerima banyak komentar yang berbeda dari pembalap usai balapan, meskipun mereka semua menggunakan spesifikasi ban basah yang sama dan mengalami kondisi trek yang sama. Dalam situasi grip rendah seperti ini, setup mesin sangat penting karena perubahan pengaturan terkecil dapat memiliki efek besar pada performa”, dia menambahkan.

    “Dalam kasus apapun, hal itu memalukan bagi Jorge karena dia begitu kuat di sesi pemanasan pagi dan kita semua berharap hasil yang lebih baik dari dia. Tapi dia adalah seorang juara dan saya tahu dia akan kembali ke performa terbaiknya pada balapan berikutnya”, semprot Shinji Aoki.

    KOMENTAR