Home Honda HRC Mulai Main-Main: Gelontorkan 2014 Honda RC213V di Aragon

    HRC Mulai Main-Main: Gelontorkan 2014 Honda RC213V di Aragon

    SHARE

    2014 Honda RC213V - Photos 1 of 3
    2014 Honda RC213V

    Aragon, Mesinbalap.com – Wahh Honda main-main nih, MotoGP baru berjalan enam seri saja mereka sudah siap-siap melepas pacuan baru mereka ” 2014 Honda RC213V” (versi terbaru). Honda terlihat bener-bener ngece alias njarak (mengejek) produsen lainnya seperti Yamaha dan Ducati yang masih kelimpungan butuh upgrade untuk mesin 2013.

    Ducati saja melalui ridernya Andrea Dovizioso ampun-ampun sama RC213V versi 2013 saat digeber Pedrosa di trek basah Le Mans. Wahh ini apalagi pakek prototipe 2014, apa jadinya coba? Sementara Ducati GP13 aja belum beres sejauh ini, digeber di trek lurus saja motornya goyang-goyang apalagi buat belok, Ngajak disko ridernya mungkin. :D

    Nah belum lagi Yamaha yang baru-baru ini sudah habisin 4 mesin baru untuk enam seri awal MotoGP ditambah belum ada berita upgrade spesial sejauh ini, geleng-geleng kepala Honda saja masih pakek 1-2 mesin. Bagaimanapun, YZR-M1 masih butuh seamless shift gearbox tapi sayangnya masih dalam tahap pengembangan di Jepang dan itu makan waktu yang gak sebentar alias lama. Kemarin malah pakek tangki kapal di pengujian Catalunya, ehh maaf guyon bro tangki bahan bakar baru maksudnya. :D

    Balik ke topik awal, Honda menegaskan bahwa 2014 RC213V ini didatangkan langsung dari Jepang dan akan memulai tes resmi hari ini di sirkuit Motorland Aragon di Spanyol. Sayangnya, suhu trek Aragon yang dingin dan hujan membuat duo spanyol kesulitan untuk menguji coba mesin baru ini dalam satu lap/putaran.

    Akhirnya bisa dikatakan strategi Honda ini sama dengan strategi musim lalu (2012), dimana mereka meluncurkan RC213V versi 2013 pada pertengahan musim, tepatnya setelah menyelesaikan tes Mugello. Hasilnya memang benar-benar diluar dugaan, Pedrosa cocok dengan versi 2013 dan dia memilih untuk menggunakannya pada race Laguna Seca 2012.

    Tak ayal, kemenangan beruntun paling sukses dalam karirnya di MotoGP adalah ketika Pedrosa pakek motor baru ini. Tahun lalu, Pedrosa mengunci enam dari sembilan balapan akhir dengan RC213V baru, sayangnya Pedrosa masih belum beruntung meskipun gelar konstruktor 2012 akhirnya dipegang Honda.

    Penampakan Pertama Honda RC213V Versi 2014 - Photos 2 of 3
    Penampakan Pertama Honda RC213V Versi 2014

    Terlepas dari hal diatas, Honda mengatakan bahwa mereka siap menyediakan prototipe baru ini (2014 RC213V) secepat mungkin jika pengujian di sirkuit Motorland Aragon berjalan sukses selama pekan ini. Tetapi kondisi cuaca di trek Aragon sejauh ini masih belum kondusif. Itulah mengapa Honda beralasan memilih menggunakan hanya 1 mesin untuk tim resmi mereka sejauh ini (Repsol Honda), terhitung sejak seri Qatar sampai Catalunya.

    Bukannya pelit tapi ini strategi, dimana Honda dapat menggunakan versi upgrade 2014 untuk seri selanjutnya mengingat jatah alokasi mesin masih tersisa 4. Terbalik dengan Honda, strategi Yamaha adalah menggunakan 4 mesin baru diawal musim dan hanya menyisakan 1 mesin segar untuk race berikutnya. Artinya 4 mesin baru yang telah digunakan pada YZR-M1 ini masih bisa dipakek pada beberapa race selanjutnya tapi performanya telah menurun dibandingkan dengan mesin baru.

    Namun, jika dirunut masalahnya, Yamaha mungkin tidak sengaja menggunakan 4 mesin langsung diawal musim, sing jelas gak mungkinlah pabrikan punya rencana sebodoh ini. Ternyata penyebabnya adalah engine problems di Jerez dan Mugello, seperti yang kami katakan pada artikel sebelumnya. Terpaksa mereka mau gak mau harus pakek mesin ke-4 di Catalunya kemarin, mesin lama mungkin hanya akan direvisi tetapi tidak diupgrade mengingat mesin tersebut telah digunakan.

    KOMENTAR