Home MotoGP 4 Unit Mesin YZR-M1 Bermasalah, Yamaha Berharap Tak Terjadi Insiden Kecelakaan

    4 Unit Mesin YZR-M1 Bermasalah, Yamaha Berharap Tak Terjadi Insiden Kecelakaan

    SHARE

    Jorge Lorenzo - MotoGP Aragon Test
    Jorge Lorenzo – MotoGP Aragon Test

    Spanyol, Mesinbalap.com – Direktur Tim Yamaha Factory Racing “Massimo Meregalli” baru-baru ini mengkonfirmasi tentang jumlah mesin yang digunakan oleh Yamaha sejauh ini. Meregalli membenarkan bahwa Yamaha telah menggunakan 4 unit mesin baru tetapi dia tak khawatir mengenai hal itu, asalkan tidak terjadi insiden kecelakaan saat balapan seperti di Assen tahun lalu.

    Berbincang-bincang dengan Motogp.com, Meregalli mengakui bahwa mesin YZR-M1 mereka sejauh ini bermasalah ketika digeber oleh keempat pembalap mereka. Karena alasan keselamatan pembalap, Yamaha memutuskan untuk menarik beberapa mesin YZR-M1 dan menggantinya dengan mesin baru.

    Seperti yang kami katakan pada artikel sebelumnya, engine problems pertama kali dirasakan oleh Lorenzo di seri Jerez yang lalu dan Yamaha memutuskan untuk menggunakan mesin ke-3 mereka di Le Mans. Masalah yang sama juga terjadi pada Valentino Rossi setelah seri Mugello.

    Kemudian pada sesi pemanasan pagi (warm up) di Catalunya, lagi-lagi masalah mesin pun menghantui Lorenzo, juga pada sesi kualifikasi hari Sabtu dimana kopling motor Lorenzo mengalami kerusakan. Hal inilah yang menyebabkan Yamaha menggunakan mesin ke-4 mereka, menurut Motomatters.

    “Anda benar, kami memiliki satu masalah dengan setiap pembalap. Jadi untuk alasan keselamatan, insinyur kami memutuskan untuk menyegel keempat mesin dan menyimpan sisanya sebagai cadangan. Pertama-tama├é┬ámereka harus memahami apa yang telah terjadi dan kami akan menyelesaikannya secepat mungkin”, kata Massimo Meregalli (Direktur Tim Yamaha Factory Racing).

    Foto Kru Yamaha Factory Racing Team - Tes JerezDuo Repsol Honda yakni Dani Pedrosa dan Marc Marquez akan mulai menggunakan alokasi mesin ke-2 mereka, sedangkan Lorenzo, Rossi dan Crutchlow sekarang telah menggunakan mesin ke-4 mereka dari 5 total alokasi mesin yang diperbolehkan dalam satu musim, menurut laporan Motogp.com.

    Meregalli sempat ditanya mengenai penggunaan mesin ke-5 pada YZR-M1 dan dia hanya berharap tidak terjadi insiden kecelakaan seperti di Assen tahun lalu. “Kami tidak tahu tapi bagaimanapun, daya tahan sudah cukup baik dan insinyur kami cukup yakin, asalkan tidak terjadi kecelakaan seperti di Assen tahun lalu. Kami harus menyelesaikan kejuaraan dengan lima mesin”, tutup Meregalli.

    Hanya 6 seri di musim 2013 dengan masih menyisakan lebih dari 12 seri, Yamaha telah menggunakan 4 mesin dari total 5 alokasi untuk tahun ini. Diprediksi bakal banyak hal yang berubah dalam beberapa seri mendatang, dengan tim resmi Honda masih mengggunakan alokasi mesin ke-1 mereka pada 6 seri sebelumnya serta tim satelit Honda yang masih nyaman dengan mesin ke-2 mereka.

    KOMENTAR