Home Crossover/SUV All-New Subaru Forester 2014 Hadir Di Indonesia Bulan Depan

    All-New Subaru Forester 2014 Hadir Di Indonesia Bulan Depan

    SHARE

    All-New Subaru Forester (2014) - U.S.-Spec Models
    All-New Subaru Forester (2014) – U.S.-Spec Models

    Jakarta, Mesinbalap.com – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan “Forester” jagoan Subaru yang bermain di segmen crossover SUV di pasar global. Nah, kabar baiknya Subaru Indonesia telah mengumumkan rencana mereka akan membawa Forester 2014 setelah lebaran tahun ini, tepatnya Agustus bulan depan.

    Awalnya mereka berniat untuk meluncurkannya bulan ini tapi gatot alias gagal total, sayang sekali karena bertepatan dengan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim. All-new Forester pertama kali diperkenalkan oleh Subaru di ajang LA Auto Show akhir 2012 yang lalu dan kini crossover ini sudah tersedia di dealer AS dengan MSRP awal sebesar $21,995 atau jika dikurskan ke Rupiah sekitar Rp 219,5 juta.

    Harga diatas adalah untuk versi dasar alias model entry-level yang dilengkapi dengan mesin Boxer 2.5-liter 4-silinder dan ditawarkan dengan dua pilihan transmisi yakni 6-speed manual dan CVT (opsional). Ngomong-ngomong soal output tenaga, mesin Boxer petinju 2.5L (2500cc) ini mampu memuntahkan 170 HP pada 5,800 rpm dan torsi puncaknya mencapai 174 lb-ft pada 4,100 rpm. Di pasar Amerika Utara, Forester baru diklaim memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 24/32/27 mpg U.S./miles per gallon (city/highway/combined).

    Tapi mesin Boxer 2.5-liter itu sebenarnya mesin versi lama alias sudah usang dimata konsumen Amerika yang serba selalu menuntut versi baru, alasannya karena sudah ditawarkan pada Forester 2012. Untuk mesin versi baru, maka konsumen bule harus merogoh kocek sebesar $27,995 atau kurang lebih senilai Rp 279,4 juta. Di Indonesia, harganya bisa jadi dua kali lipatnya bro dan bahkan bisa lebih karena mobil ini gak diproduksi disini. Itu juga karena pajak Indonesia lumayan gede segede gajah dah kalo urusan barang impor.

    Mesin Boxer Subaru
    Mesin Boxer Subaru

    Versi gresss menawarkan mesin terbaru Boxer 2.0-liter plus turbocharged dan direct-injection tapi hanya akan tersedia dengan gearbox CVT. Tunggu dulu karena CVT yang ini mengadopsi mode 6-speed manual dan 8-speed manual. Untuk urusan tenaga, meskipun ini hanyalah mesin 2.0-liter alias cuman berkapasitas 2000cc tapi jangan diremehin dulu, pasalnya mesin ini sudah dilengkapi dengan turbocharged dan direct-injection.

    Alhasil, mesin Boxer 2.0-liter ini dapat menyemburkan output puncak hingga 250 HP pada 5,600 rpm dan torsi maksimum sebesar 258 lb-ft pada 2,000 sampai 4,800 rpm. Konsumsi bahan bakarnya pun diklaim juga lebih baik dibandingkan dengan mesin Boxer 2.5L, diperkirakan sekitar 23/28 mpg (city/highway). Tapi mesin Boxer turbo 2.0L ini hanya tersedia pada varian premium dan touring.

    Balik ke Indonesia, Subaru mengatakan bahwa Forester 2014 juga siap dipamerkan di Indonesia Motor Show tahun ini yang rencananya akan digelar mulai bulan September ini. “Kami memang berencana akan memperkenalkannya bulan ini, tapi karena ini bersamaan dengan waktu bulan Ramadan, maka kami putuskan untuk menundanya. Jadi, setelah Ramadhan, All-new Forester akan diluncurkan di IIMS 2013. Waktunya juga sangat dekat jika kami perkenalkan saat ini,” kata Glenn Tan (Presiden Direktur Subaru Indonesia).

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR