Home MotoGP NGM Forward Racing Dekati Yamaha, Tertarik dengan Mesin YZR-M1

    NGM Forward Racing Dekati Yamaha, Tertarik dengan Mesin YZR-M1

    SHARE

    Foto Mesin Yamaha YZR-M1 | 2009 Tokyo Motor Show
    Foto Mesin Yamaha YZR-M1 | 2009 Tokyo Motor Show

    Laguna Seca, Mesinbalap.com – Regulasi CTR akan berakhir tahun depan dan sebagai gantinya, kedua pabrikan Jepang baik Honda dan Yamaha akan menjadi pemasok mesin untuk tim-tim tersebut tetapi hanya secara terbatas. Nah, baru-baru ini Tim NGM Forward Racing MotoGP yang dihuni oleh Colin Edwards diam-diam telah mendekati Yamaha karena kepincut dengan mesin M1 versi produksi.

    Rencananya mereka akan memasang mesin YZR-M1 tersebut pada sasis FTR, sama seperti yang mereka terapkan pada mesin Kawasaki ZX-10R untuk berlaga di MotoGP 2013. Tetapi menurut Crash sejauh ini belum ada kesepakatan tertulis antara NGM Forward Racing, produsen sasis FTR dan Yamaha. Yang pasti Colin Edwards mantan rider pabrikan Yamaha ini bakal jadi joki diatas kuda besi M1-FTR, kombinasi antara mesin YZR-M1 dengan sasis FTR.

    Seperti laporan sebelumnya, Honda mengembangkan RCV versi produksi khusus untuk MotoGP dan bukan hanya mesinnya saja, tetapi lengkap dengan sasinya. Strategi Yamaha berbeda, mereka berencana menggelontorkan mesin YZR-M1 saja dan untuk sasinya, diserahkan sepenuhnya kepada tim privater MotoGP.

    Jadi setiap tim privat yang menyewa mesin M1, bebas memilih untuk menggunakan sasis Kalex, Suter maupun FTR. Honda memilih untuk menjualnya, sementara Yamaha lebih suka untuk menyewakannya. Baik Honda maupun Yamaha kemungkinan akan menawarkan mesin tersebut kurang lebih hanya untuk 4 pembalap privater per musim.

    Bagaimanapun, Honda mengklaim bahwa RCV versi produksi memiliki performa yang hampir mirip dengan RC213V milik Pedrosa dan Marquez. Hanya saja, mesinnya tidak akan dilengkapi dengan klep pneumatic dan gearbox seamless shift, tetapi akan menggunakan klep biasa (spring valve) dan gearbox manual 6-speed standard seperti yang digunakan pada Tim Stelit Honda. Yahh kalau gitu specs-nya sama saja dengan Tim Satelit ente donk boz, kata saya ke Nakamoto sambil nyodorin rokok sebungkus.

    2013 Yamaha YZR-M1 - Bradley Smith
    2013 Yamaha YZR-M1 – Bradley Smith

    Lain cerita saat ngobrol dengan Yamaha, Lin Jarvis mengatakan bahwa mesin YZR-M1 untuk trim privater akan memiliki spesifikasi yang kurang lebih mirip bro dengan yang digunakan oleh Tim Yamaha Tec 3. Tetapi specs mesinnya sedikit didowngrade dan wajib menggunakan sistem kontrol ECU dari Magneti Marelli.

    Pastinya sama seperti Honda karena jika specs mesinnya disamakan dengan Tim Satelit, ya wassalam saja Tim Privater ogah beli mesinnya atau menyewanya karena harganya tentunya akan menjadi lebih mahal. Unsur “U” alias Uang tetap bermain disini. Hanya menebak, bisa jadi ini adalah mesin versi KW3 dari Honda dan Yamaha, meskipun kedua pabrikan masing-masing mengklaim bahwa mesinnya memiliki kinerja yang ciamik seperti versi prototipe RC213V maupun YZR-M1. Alasannya sederhana saja, ada uang pastilah ada barang.

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR