Home MotoGP Yamaha Akan Menguji Coba Gearbox Seamless-Shift untuk YZR-M1 Bulan Depan

    Yamaha Akan Menguji Coba Gearbox Seamless-Shift untuk YZR-M1 Bulan Depan

    SHARE

    2013 Yamaha YZR-M1 | Valentino Rossi
    2013 Yamaha YZR-M1 | Valentino Rossi

    Los Angeles, Mesinbalap.com – Yamaha Factory Racing melalui Lin Jarvis baru-baru ini mengungkapkan sedikit rahasia bahwa Yamaha berencana akan menguji coba gearbox seamless-shift untuk prototipe YZR-M1 di Brno awal bulan depan, tepatnya pada 6-7 Agustus. Teknologi seamless-shift Yamaha ini sebelumnya juga telah diuji coba oleh Yamaha di Jepang.

    Tak mau semakin dibelakang Honda, inilah salah satu strategi Yamaha musim ini untuk membendung laju Honda yang telah menggunakan gearbox seamless-shift ini untuk pertama kalinya sejak awal tahun 2011 yang lalu. Dua tahun Yamaha ketinggalan dari Honda dalam hal pengembangan teknologi gearbox tanpa jeda ini dan akhirnya resmi diumumkan sekarang untuk mengujinya pada tes privat di Brno bulan depan. Ducati juga telah menggunakannya sejak tahun lalu tapi sayang tidak kompetitif.

    Sekarang anda boleh bertanya, mengapa baru sekarang gearbox ini diluncurkan Yamaha? Alasannya hanyalah masalah waktu dan fulus alias uang :D , seperti yang pernah dikatakan Shuhei Nakamoto bahwa mengembangkan gearbox semacam ini butuh dana gede dan juga waktu yang lama. Di Brno nanti, Yamaha pun hanya akan mengujinya sebagai tes sampel pertama dan untuk mendapatkan feedback dari pembalapnya termasuk Lorenzo dan Rossi. Bukan berarti setelah diuji langsung digunakan, kata Yamaha.

    “Aku bukanlah seorang pembalap dan akan lebih baik jika anda bertanya kepada pembalap, tapi aku mengerti bahwa gearbox kami sangatlah bagus. Maka, sebagai gearbox biasa, itu adalah tingkat yang sangat tinggi. Kami sudah mengujinya pada trek balap di Jepang. Tapi tanggal peluncuran gearbox seamless-shift ini masih harus ditentukan”, kata Lin Jarvis selama konferensi pers di markas besar Yamaha Amerika Serikat di Los Angeles pada hari Rabu.

    Yamaha mengungkapkan bahwa jika gearbox baru ini mampu meningkatkan performa YZR-M1 secara signifikan saat tes privat bulan depan, maka mereka akan memutuskan untuk menggunakannya segera. Dengan menggunakan gearbox anyar tersebut, yang pasti M1 butuh keunggulan lebih banyak untuk menghentikan laju RC213V di trek Stop and Go. Jarvis yakin bahwa Yamaha akan menggelontorkan gearbox seamless-shift anyar tersebut tahun ini.

    2013 YZR-M1 Prototype Development
    2013 YZR-M1 Prototype Development

    Dia pun menambahkan, “Kami akan mengujinya segera dengan pembalap kami dan kemudian, ketika kami siap dan ketika kami dapat melihat bahwa itu benar-benar memiliki keunggulan dan kehandalan, maka kita akan memperkenalkannya. Saya pikir anda akan melihatnya tahun ini.”

    Belum puas dengan jawaban Jarvis, para wartawan pun melontarkan pertanyaan baru kepada dirinya perihal safety dan keamanan atas komponen-komponen yang digunakan dalam gearbox baru ini. Dibawah inilah jawaban Jarvis.

    “Perhatian utama insinyur kami adalah keselamatan pembalap. Dengan gearbox, anda tidak mampu membuat satu kesalahan. Jika anda membuat satu kesalahan dan itu harus dibayar dengan poin pembalap. Tetapi apa yang lebih penting adalah bahwa itu bisa menghabiskan biaya pembalap (gaji & keperluan balap lainnya), sehingga Yamaha tidak akan memperkenalkannya sampai mereka yakin 100% bahwa itu bekerja sangat baik dan tanpa masalah.”

    KOMENTAR