Home Honda Honda LMPV Concept Calon Kuat Brio MPV untuk pasar Indonesia

    Honda LMPV Concept Calon Kuat Brio MPV untuk pasar Indonesia

    SHARE

    Foto Honda LMPV Concept alias Brio MPV
    Foto Honda LMPV Concept alias Brio MPV

    Jakarta, Mesinbalap.com – Pada acara Mid Year Media Gathering hari kamis yang lalu di Jakarta, Honda secara resmi merilis dan menunjukkan secara gamblang sktesa desain Honda LMPV Concept untuk pertama kalinya di dunia. LMPV Concept ini digadang-gadang bakal jadi calon kuat Brio MPV untuk pasar Indonesia.

    Brio MPV terbaru ini akan melengkapi lineup keluarga Brio, dimana versi hatchbacknya telah diluncurkan terlebih dulu pada tahun 2011 yang lalu dan disusul varian sedan dengan mengusung embel-embel Amaze yang diluncurkan di Thailand pada November 2012.

    Honda mengatakan bahwa konsep LMPV ini dilengkapi dengan mesin bensin 1.5-liter i-VTEC yang sangat hemat bahan bakar dan juga menawarkan performa sporty. Yang pasti mesinnya tidak diambil dari Honda Freed dan ini khusus dikembangkan untuk LMPV alias Brio MPV, kata Honda.

    Namun demikian, mobil konsep ini menggunakan platform Honda Freed tetapi mendapatkan beberapa modifikasi pada eksterior dan interiornya, seperti ground clearance 185mm. Selain itu, LMPV Concept menawarkan kapasitas penumpang hingga 7 tempat duduk atau konfigurasi tujuh-penumpang dengan tiga baris bangku. Honda mengklaim bahwa kabinnya lapang, juga desain inovatif, menawarkan standar keselamatan tinggi dan juga kesenangan dalam berkendara.

    Bagaimanapun, mobil ini adalah produk pertama Honda di pasar Indonesia yang akan bermain di segmen LMPV (Low MPV) dengan beberapa model entry-level MPV lainnya. Sampai saat ini, raja MPV Indonesia masih dipegang oleh Toyota dengan Avanza-nya, disusul Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin. Keempat kendaraan MPV tersebut adalah target pasti dari Honda Brio MPV di segmen MPV Indonesia.

    Honda LMPV Concept akan menggelinding ke jalur produksi di pabrik baru Honda yang terletak di Karawang pada awal tahun 2014, mengingat pabriknya akan mulai beroperasi pada saat itu juga. Honda juga mengatakan bahwa mobil ini akan produk pertama mereka di pabrik baru tersebut.

    Rancangan Honda LMPV Concept
    Rancangan Honda LMPV Concept

    Sebelum masuk ke jalur produksi, Honda LMPV Concept akan diperkenalkan untuk pertama kalinya alias World Premiere-nya di Indonesia Motor Show tahun ini, yang rencananya akan digelar pada tanggal 19 sampai 29 September di Jakarta.

    President Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida memberikan wejangan, ”Honda LMPV Concept akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. Honda LMPV Concept juga akan diproduksi di Indonesia, dan menjadi produk pertama dari pabrik baru Honda di Karawang yang kami rencanakan untuk mulai beroperasi pada awal 2014.”

    Gak cukup satu paragraf, bung Jonfis pun nambahin perkataan Mr.Uchida: “Konsumen di Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi yang pertama kali di dunia melihat secara langsung Honda LMPV Concept saat pergelaran Indonesia International Motor Show mulai tanggal 19 September 2013 nanti. Kami percaya model ini akan menjadi pilihan baru yang dapat bersaing dengan model di kelasnya”, kata Jonfis Fandy, (Marketing & After Sales Service Director PT HPM).

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR