Home Motor Lagi, Muka Depan Yamaha YZF-R250 Bocor dari Japanese Magazine “Young Machine”

    Lagi, Muka Depan Yamaha YZF-R250 Bocor dari Japanese Magazine “Young Machine”

    SHARE

    Foto Yamaha YZF-R250 by Young Machine Magazine
    Foto Yamaha YZF-R250 by Young Machine Magazine

    Tokyo, Mesinbalap.com – Bukan pabrikan otomotif Jepang namanya jika tidak mampu membuat penasaraan para konsumennya di Dunia. Itulah kenyataannya, bukan hanya Honda ataupun Yamaha, tidak hanya Toyota atau bahkan Mazda, Nissan juga ikut pastinya tapi Suzuki, Subaru dan kawan-kawan lainnya entar dulu lah biar gak tambah ngaco nulis artikelnya. :D

    Honda sukses membuat penasaran publik dunia dengan serangkaian gambar bocor Jazz hatchback terbaru sebelum benar-benar meluncurkannya beberapa hari yang lalu. Hal yang yang sama juga dilakukan Mazda sebelum meluncurkan All-New Mazda3 hatchback pada akhir bulan lalu. Tapi kita disini malem ini gak akan ngomongin Mazda atau Honda dan yang lainnya, karena bukan topik artikelnya.

    Nah, ngomongin Yamaha YZF-R250 terbaru alias 2014 model year memang gak ada habisnya ketika serangkaian gambar bocor maupun render-nya muncul di Internet. Lagi-lagi, majalah Jepang Young Machine membuat publik tambah penasaran dengan menyodorkan sebuah gambar render terbaru yang menunjukkan muka depan Yamaha YZF-R250, bukan muke loe yang pasti. :D Bisa jadi Yamaha ngasih fulus ke Young Machine dalam rangka untuk membuat publik menjadi tambah penasaran tentang YZF-R250. hehehe..

    Sekilas, desain lampu depannya (headlamp) terlihat lebih sipit dan modern, dimana tatapan matanya nampak tajam setajam SiLET dengan bahasa desain front-end secara keseluruhan lebih meruncing dan berani. Jika dilihat secara seksama, desain headlamp-nya sepertinya memiliki sedikit kemiripan dengan mata YZF-R1 atau mungkin memang terinspirasi dari sang kakak. Nah coba sedikit kebawah lagi dan kebawah lagi, lihat ban depan-nya tampak menggunakan profil lebih lebar, gak tau juga ini ukuran berapa.

    Sekarang coba ngomongin soal mesin, Yamaha YZF-R250 2014 bagaimanapun akan menggunakan mesin single-cylinder berkapasitas 250cc didukung dengan DOHC dan berpendingin cair alias liquid-cooled. Output tenaga maksimum-nya diperkirakan mencapai lebih dari 34 horsepower atau 25,35 Kw, itu menurut rumor yang beredar sejauh ini.

    Foto/Render Yamaha YZF-R250
    Foto/Render Yamaha YZF-R250

    Mungkin akan ada sebuah pertanyaan, mengapa Yamaha tidak menggunakan konfigurasi mesin dua silinder (two-cylinder engine) pada YZF-R250 seperti yang digunakan Kawasaki Ninja 250? Sekarang kita ngomongin duit, nah untuk menekan biaya produksi dan harga jualnya nanti, mungkin cocok jika menggunakan mesin single-cylinder. Tapi saya juga gak tau pastinya, soalnya belum pernah bekerja di Yamaha Jepang, maklumlah saya cuman tukang parkir di kota Kediri dengan gaji pas-pas’an kuatnya cuman sampai tanggal 15, kalo akhir bulan makannya mie instan. hehehe.. becanda :D

    Jangan salah, walaupun single-cylinder tapi output tenaga-nya bisa lebih maksimal, contoh-nya adalah Honda NSF250 yang digunakan di Moto2 alias kelas capung, itu pakek mesin single-cylinder. Juga CBR250R yang mampu ngasapin Ninja 250 meskipun menggunakan mesin single-cylinder. Yang pasti mesin single-cylinder itu lebih ringan dibandingkan dengan mesin dua silinder, tentu saja lawong dua lawan satu. Tapi bukan berarti yang satu kalah melawan yang dua, tinggal pinter-pinternya enginernya pabrikan saja untuk mengolah mesin tersebut.

    Sekarang kita hitung harganya, menurut ramalan sebelumnya harga YZF-R250 ini diprediksi akan dibanderol pada rentang harga $5,000 (U.S. dollar) atau jika dikurskan ke Rupiah Indonesia, itu setara dengan Rp 50,3 juta (IDR 50,385,000). Yang pasti, tunggu informasi resmi dari Yamaha.

     

    PHOTO GALLERY:

    KOMENTAR