Home MotoGP Laguna Seca, USA Stefan Bradl ke Ducati? Impossible, Mengingat Kontraknya dengan HRC Masih Satu Tahun

    Stefan Bradl ke Ducati? Impossible, Mengingat Kontraknya dengan HRC Masih Satu Tahun

    SHARE

    Stefan Bradl - MotoGP Laguna Seca
    Stefan Bradl – MotoGP Laguna Seca

    California, Mesinbalap.com – Sudah banyak yang tahu bahwa Stefan Bradl adalah pembalap berdarah Jerman, dia hidup sekampung dengan Audi yang merupakan perusahaan mobil mewah asal Jerman atau bahasa kerennya “Luxury Jerman Automaker”. Audi adalah anak perusahaan dari Volkswagen Group yang juga pemilik Ducati saat ini.

    Nah baru-baru ini rumor panas menggelinding lagi di MotoGP, ini bukan tentang Rossi tapi Stefan Bradl yang kabarnya akan diputus kontraknya oleh Honda tahun depan. Hal yang cukup mustahil, mengingat Bradl masih memiliki kontrak kerjasama satu tahun dengan HRC hingga penghujung tahun 2014 sebagai pembalap pabrikan Honda dibawah naungan Tim Satelit LCR.

    Sama dengan Bradl, mantan pembalap Suzuki yakni Alvaro Bautista yang kini menjadi joki Tim Satelit Honda Gresini juga akan mengakhiri kontraknya pada akhir tahun depan, sesuai kesepakatan dengan HRC. Hampir semua pihak tertarik pada Cal Crutchlow, kata Bradl. Bukan hanya Ducati tapi juga Honda, sementara Yamaha masih ingin mempertahankan-nya tapi sayangnya mereka tak akan memberikan dukungan YZR-M1 specs pabrikan untuk Crutchlow di tahun depan.

    Ini yang membuat Crutchlow males bertahan di Yamaha, disaat performanya ciamik justru dipandang sebelah mata oleh Yamaha. Crutchlow memang memiliki performa jos gandos kotos-kotos akhir-akhir ini tetapi dia belum mampu menarik minat sponsor, setidaknya sampai saat ini. Nah, jika ditarik garis lurus, ujung-ujungnya adalah FULUS alis DUIT, itu yang lebih dibutuhkan Yamaha mengingat mereka sampai saat ini masih minim sponsor di MotoGP.

    Dibandingkan dengan Valentino Rossi, sudah jelas Crutchlow kalah telah dalam hal menggaet sponsor karena Rossi punya nama besar dengan komunitas besar dan fans terbesar. Itu alasan sponsor suka sama Rossi, disamping talentanya sebagai pembalap dengan rekor 9 kali juara dunia MotoGP.

    Cal Crutchlow - Monster Yamaha Tech 3 | Laguna Seca
    Cal Crutchlow – Monster Yamaha Tech 3 | Laguna Seca

    Bahkan, Crutchlow masih mau bertahan di Tim Satelit Tech 3 asalkan mendapat support pabrikan penuh dari Yamaha, seperti Lorenzo dan Rossi. Tapi setelah seri Sachsenring yang lalu, Yamaha secara terang-terangan bilang ogah kasih dukungan pabrikan ke Crutchlow. Pembalap Inggris itu pun langsung melontarkan balasan kepada Manajemen Yamaha, “kemungkinan saya bertahan di Yamaha adalah sangat kecil sekali.”

    Sungguh dilema besar, hal ini persis seperti yang dialami oleh Andrea Dovizioso tahun lalu ketika dia memutuskan bergabung dengan Yamaha Tech 3 dengan harapan bisa mendapat jatah kursi pabrikan di Yamaha factory pada tahun 2013. Tapi ada daya, Dovi tak mampu berbuat banyak ketika Rossi menyerah di Ducati kemudian menyabet peluangnya di tim pabrikan Yamaha.

    Itu semua tentang Cal Crutchlow, yang kemungkinan akan join di Ducati tahun depan sebagai rider pabrikan. Meskipun rumor mengindikasikan bahwa Ducati juga tertarik untuk merekrut Stefan Bradl, mengingat Volkswagen Group kini juga menginginkan pembalap berkebangsaan Jerman. Wahh, bener-bener nasionalisme banget. Sebagai pemilik Ducati yang baru, VW Group yang dibawahi Audi sekarang memiliki andil besar dalam project Ducati MotoGP. Disisi yang lain, manajemen LCR Honda masih sangat ingin mempertahankan pembalap asal Jerman ini di Timnya.

    Stefan Bradl - Laguna Seca, Pitlane
    Stefan Bradl – Laguna Seca, Pitlane

    “Semua pihak tertarik dengan Cal, karena dia menunjukkan performa terbaiknya. Dia merupakan satu-satunya orang yang dapat menentukan bursa pembalap. Ducati menginginkannya dan Yamaha ingin mempertahankannya. Kini Honda juga tertarik, karena Honda selalu menginginkan pembalap terbaik. Tapi saya tidak bisa membayangkan jika LCR adalah pilihan utama, karena di Honda ada pembalap yang lebih lemah daripada saya,” kata Bradl kepada SpeedWeek.

    Nah lho siapa itu pembalap Honda yang lebih lemah daripada saya, seperti kata Bradl? Yang pasti mungkin itu Bautista, ini hanya tebakan. Bagaimanapun semua kemungkinan masih bisa terjadi baik itu Bradl maupun Bautista, karena yang memiliki kewenangan untuk memutus kontrak pembalap Honda di MotoGP adalah HRC.

    Mengenai Alvaro Bautista, menurut rumor dia bisa bertahan di Gresini justru karena dia setuju untuk melanjutkan riset dengan Showa dan Nissin, yang merupakan perusahaan Suspensi dan Rem asal Jepang. Dilain pihak, manajemen Honda Gresini sangat ingin melanjutkannya karena secara finasial bekerja sama dengan Showa dan Nissin masih sangat menguntungkan daripada harus membayar sejumlah upeti untuk menggunakan suspensi Ohlins dan rem Brembo.

    KOMENTAR