Home MotoGP Laguna Seca, USA Torehkan Sejarah Baru: Marquez Pecundangi Rossi, Bradl Luar Biasa & Honda Rajanya...

    Torehkan Sejarah Baru: Marquez Pecundangi Rossi, Bradl Luar Biasa & Honda Rajanya Laguna Seca

    SHARE

    Marc Marquez & Rossi - Corkscrew Laguna Seca
    Marc Marquez & Rossi – Corkscrew Laguna Seca

    Laguna Seca, Mesinbalap.com – Sudah dapat ditebak sebelumnya, si alien planet Namex “Marc Marquez” bakal berdiri di podium pertama di MotoGP Laguna Seca pagi tadi. Itulah yang terjadi pada race tadi pagi, Marc bahkan sempat terlibat duel sengit dengan Valentino Rossi di tikungan Corkscrew Laguna Seca.

    Marc yang memulai start dari posisi ke-2 tampak kesulitan saat lomba baru saja berjalan, dia bahkan sempat tercecer ke belakang. Tapi bukan Alien namanya jika tak mampu menyundul pembalap di depannya. Lorenzo yang lagi sakit pun bahkan sempat bisa menyodok ke posisi depan tapi apa daya, hanya bertahan sebentar karena jokinya lagi sakit dan motornya Yamaha YZR-M1 pun memang gak pernah waras di Laguna Seca.

    Konsistensi ciamik justru ditunjukkan oleh pembalap Tim Satelit LCR Honda. Bradl yang memulai balapan sebagai polesitter MotoGP Laguna Seca, justru mampu mempertahankan konsistensinya dari gempuran pembalap pabrikan Yamaha yakni Rossi dan rekan-nya di Honda, siapa lagi kalau bukan Marc Marquez.

    Bradl & Rossi - Mazda Raceway
    Bradl & Rossi – Mazda Raceway

    Tapi Marc mampu mengusiknya pada lap ke-19 dan mengambil alih posisi Bradl setelah dia bersabar selama 12 lap dibelakang pembalap berdarah Jerman tersebut.

    “Di awal race dengan kondisi tangki bahan bakar penuh, saya sedikit takut dengan gundukan-gundukan itu karena kita dengan mudahnya bisa kehilangan keseimbangan bagian depan motor. Saya berhasil mengovertake Rossi dan membuntuti Bradl. Selama 12 lap, saya putuskan untuk berada di belakang Bradl kemudian saya berusaha menyusulnya”, girang Marquez.

    Ded-deg seerr jantung penonton ketika melihat Alvaro Bautista membuntuti Rossi dalam beberapa lap. Pembalap Gresini Honda tersebut tampak berjuang keras dibelakang Rossi, maklum motornya Bautista adalah RC213V versi satelit yang kurang mumpuni dibandingkan dengan RC213V milik Bradl. Mantan pembalap Suzuki tersebut hampir saja bisa mengovertake Rossi tapi dia kurang mengambil resiko, dan sayang seribu sayang Rossi tetaplah Rossi yang punya jam terbang lebih tinggi daripada dirinya.

    Battle Rossi-Marquez Corkscrew Laguna Seca
    Battle Rossi-Marquez Corkscrew Laguna Seca

    Tikungan Corkscrew Laguna Seca menjadi saksi biksu duel sengit antara Casey Stoner dan Valentino Rossi pada tahun 2008 yang lalu. Dan kini terulang kembali, Marquez dengan cerdiknya mempecundangi Rossi tepat ditikungan dimana Rossi mengovertake Stoner lima tahun yang lalu. Tapi tidak ada korban jatuh kali ini, kalau dulu Stoner sempet terjatuh setelah terkena imbas manuver agresif Rossi.

    Marc mengakui bahwa manuver yang dia lakukan terhadap Rossi sebenarnya terinspirasi dari manuver Rossi tahun 2008 yang lalu. Maklum, alien adalah salah satu dari jutaan fans Rossi, bedanya Marquez adalah pembalap yang sekarang satu kelas dengan Rossi di MotoGP.

    “Saya sudah mengatakan kepada dia (Rossi) bahwa saya akan membayar hak ciptanya! Saat saya melihat video 2008, saya pikir itu tak mungkin. Tetapi Ketika saya berada di sana, saya melepaskan sedikit rem karena tidak ada ruang dan saya mengovertakenya di tempat yang sama,” kata bro Marquez.

    Hasil Race MotoGP Laguna Seca 2013:

    Results - 32 laps:

    Pos Rider Team/Bike Time/Gap
    1. Marc Marquez Honda 44m00.695s
    2. Stefan Bradl LCR Honda +2.298s
    3. Valentino Rossi Yamaha +4.498s
    4. Alvaro Bautista Gresini Honda +4.557s
    5. Dani Pedrosa Honda +9.257s
    6. Jorge Lorenzo Yamaha +12.970s
    7. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha +15.304s
    8. Nicky Hayden Ducati +33.963s
    9. Andrea Dovizioso Ducati +34.129s
    10. Hector Barbera Avintia FTR-Kawasaki +1m02.369s
    11. Alex de Angelis Pramac Ducati +1m02.604s
    12. Colin Edwards Forward FTR-Kawasaki +1m03.593s
    13. Danilo Petrucci Ioda-Suter-BMW +1m20.450s
    14. Karel Abraham Cardion Aprilia +1 lap
    15. Yonny Hernandez PBM Aprilia +1 lap
    16. Hiroshi Aoyama Avintia FTR-Kawasaki +1 lap
    17. Bryan Staring Gresini FTR-Honda +1 lap
    18. Lukas Pesek Ioda-Suter-BMW +1 lap

    Retirements:

    Bradley Smith Tech 3 Yamaha 7 laps
    Aleix Espargaro Aspar Aprilia 5 laps
    Randy de Puniet Aspar Aprilia 4 laps
    Claudio Corti Forward FTR-Kawasaki 3 laps
    Michael Laverty PBM-Aprilia 1 lap

     

    KOMENTAR