Home Honda Astra Honda Racing Team (ART) Sabet Kemenganan Fantastis di 2013 Suzuka 4...

    Astra Honda Racing Team (ART) Sabet Kemenganan Fantastis di 2013 Suzuka 4 Hours Endurance Race

    SHARE

    Astra Honda Racing Team - 2013 Suzuka 4 Hours Endurance Race
    Suzuka, Mesinbalap.com – Siapa bilang Indonesia gak bisa berdiri di podium balap Internasional? Jangan pesimis dulu, Astra Honda Racing Team membuktikannya melalui kedua pembalap mereka yakni Dimas Ekky Pratama dan Iswandi Muis yang sukses menyabet podium fantastis di 2013 Suzuka 4 Hours Endurance Race alias balap ketahanan 4-jam yang rutin digelar di sirkuit Suzuka, Jepang.

    Berpacu diatas Honda CBR600RR terbaru, keduanya sukses mengibarkan bendera merah putih di atas podium pertama di sirkuit Suzuka pada Sabtu kemarin (27/07/2013). Tak sia-sia perjuangan besar keduanya dan juga dukungan luar biasa yang diberikan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan komitmennya dalam menjenjangkan pembalap nasional ke pentas dunia.

    Untuk pertama kalinya, Dimas merasa kesulitan beradaptasi di trek balap ini yang masih baru baginya. Katanya karakter sirkuitnya beda jauh dengan Sentul mas, ya jelas lah bro aspalnya aja udah beda. :D Meski begitu, doi cukup cepat beradaptasi di sirkuit tanah kelahiran Nobita berkat kerja kerasnya.

    “Senang rasanya bisa balapan di sirkuit Suzuka. Sirkuit ini sangat bagus dan jauh berbeda dengan karakter sirkuit Sentul di Indonesia. Awalnya saya mengalami kesulitan mempelajari racing line di sirkuit ini, tapi saya menggunakan semua kesulitan itu sebagai motivasi tinggi untuk meraih hasil yang bagus. Senang rasanya bisa meraih kemenangan ini, semua rasa sakit akibat terjatuh hilang seketika”, girang Ekky.

    Memulai balapan dari starting grid kedua, rider Astra Motor Racing Team itu cukup konsisten sepanjang balapan ketahanan 4-jam ini berlangsung dan mampu berada di posisi kedua, meski dimas sempat terjatuh di lap ke-80. Mengandalkan pembalap rookie, Tim Boon Siew Honda Racing Malaysia menguntit di posisi ketiga dengan jokinya S. Sasitharen dan M.Rozaiman Said.

    Indonesia Podium via Honda ART - Suzuka 4 HoursSementara posisi pertama masih dipegang oleh Tim Club Plus One, namun pada akhirnya motornya kehabisan bahan bakar. Iswandi yang ada dibelakangnya pun langsung mengambil alih posisi pertama pada balap Suzuka 5-Hours ini dengan rekor waktu tercepat 4 jam 01 menit 27,165 detik (96 lap). Diikuti oleh Team Seishun MotoPod Yamaha diposisi ke-2 dengan raihan 4 jam 03 menit 02,992 detik, dan posisi ke-3 dihuni oleh Boon Siew Honda Racing Malaysia dengan catatan waktu 4 jam 03 menit 50,977 detik.

    Langsung deh pucet kedua wajah rider Malaysia di atas podium, berbeda dengan kedua rider Jepang dari Team Seishun MotoPod Yamaha yang terus tersenyum meski mendapat podium kedua.

    “Jatuhnya Dimas membuat kontrol pembalap pada motor jadi berkurang. Makanya saya berusaha keras untuk mengejar ketinggalan. Balapan menggunakan motor 600cc, adalah impianku selama ini. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Astra Honda yang sudah mendukung kami,” ujar IsWandi.

    2013 Suzuka 4 Hours Result:

    1. Astra Honda Racing Team (INA – Honda) – Dimas Ekky Pratama dan Iswandi Muis – 96 lap – 4:01’27.165
    2. Team Seishun MotoPod (JPN – Yamaha) – Shigeru Ibaraki dan Takumi Inoue – 96 lap – 4:03’02.992
    3. Boon Siew Honda Racing Malaysia (MAS – Honda) – S. Sasitharen dan Mohd Rozaiman Said – 96 lap – 4:03’50.977
    4. Hamamatsu Team Titan (JPN – Suzuki) – Kohei Tsukamoto dan Kazumi Takeda – 95 lap – 4:03’23.652
    5. Moto Win Racing (JPN – Honda) – Toshiro Nakagahi dan Kazutomi Shimazaki – 95 lap – 4:03’24.423

     

    Photo Gallery:

    Photo Credits: Honda Racing, Hiroyuki Wakita & ARRC

    KOMENTAR