Home MotoGP Indianapolis Merasa Frustasi, Lorenzo Bilang Sulit Melawan Honda Sekarang

    Merasa Frustasi, Lorenzo Bilang Sulit Melawan Honda Sekarang

    SHARE

    Jorge Lorenzo - MotoGP Indianapolis 2013 - Photos by Scott Jones
    Indianapolis, Mesinbalap.com – Menyelesaikan race dengan menggondol podium ke-3 mungkin sedikit membuat hati Lorenzo sesak, pasalnya dia sudah sangat sempurna menjaga ritme balapnya sejak start dimulai. Tapi dia sadar Honda begitu kuat di tiga race track USA, yang sangat cocok dengan karakter RC213V.

    Pembalap Yamaha ini pasrah ketika posisi ke-2 nya dicuri oleh Pedrosa, dia memilih mengalah daripada harus ndlosor kecelakaan karena performa grip ban motornya sudah drop.

    “Saya ingin finis di podium ke-2, tapi tiba-tiba grip ban belakang mulai drop dengan cepat. Hal ini tidak pernah terjadi begitu banyak dalam karir saya di MotoGP. Saya tidak bisa mempertahankan posisi ke-2, dan saya pikir saya harus menyelesaikan dengan tidak terjatuh dan mendapatkan poin”, timpal Lorenzo.

    Lorenzo menuturkan dengan sangat gamblang bahwa Yamaha butuh evolusi besar agar lebih kompetitif karena sulit melawan Honda dalam kondisi seperti ini, apalagi selisih poin-nya dengan Marquez cukup banyak yakni 35 poin. “Kita perlu beberapa evolusi agar lebih kompetitif. Karena sekarang sulit melawan Honda,” ujar pembalap berdarah Spanyol.

    Dalam kondisi yang serba riskan, Lorenzo ngotot meminta Yamaha untuk memasang seamless-shift gearbox pada pacuan M1-nya di race Brno nanti, akhir pekan ini. Dengan pengembangan belum 99% oke, langkah ini mungkin bisa sangat beresiko atau mungkin sebaliknya jika girboks ini diterapkan pada YZR-M1.

    “Saya tidak berpikir situasi poin membuat perbedaan besar tentang keputusan Yamaha untuk debut balapan dengan gearbox baru. Tapi saya berharap untuk menggunakannya di Brno”, kata Lorenzo.

    Dengan menggunakan mesin lama, SSG mungkin bisa dipasang di M1 jika Yamaha sebelumnya sudah menggunakan gearbox housing baru pada jeroan M1. Gearbox housing baru yang kabarnya sudah didesain khusus agar cocok dengan transmisi seamless dan konvensional.

    Bagaimanapun alokasi mesin ke-5 Yamaha bakal diturunin jika tak mungkin menginstal transmisi seamless ini ke jeroan mesin bekas YZR-M1. Dengan delapan race MotoGP 2013 masih tersisa, itu resiko besar jika Yamaha melakukannya di Brno. Bisa-bisa start dari pit-lane jika jatah mesinnya habis sebelum kalender 2013 berakhir.

    KOMENTAR