Home MotoGP Brno, Ceko Cardion AB Dekati Honda, Nyatakan Minat Beli RCV Versi Produksi

    Cardion AB Dekati Honda, Nyatakan Minat Beli RCV Versi Produksi

    SHARE

    Abraham - Cardion AB
    Brno, Mesinbalap.com – Selain tim satelit Honda Gresini, Cardion AB juga menyatakan minatnya untuk membeli paket lengkap Honda RCV versi produksi. Di sirkuit Brno pekan ini yang merupakan kandangnya Karel Abraham, dia mengungkapkan sangat berminat membesut pacuan tersebut pada tahun depan.

    Sejauh ini memang belum ada kesepakatan tertulis antara Cardion AB dengan HRC dan masih dalam tahap diskusi, tetapi Abraham berharap dapat segera menandatangani perjanjian tersebut dengan HRC. Cardion AB saat ini bermain dikelas CRT dan menggunakan Aprilia RSV4 ART berspesifikasi CRT dengan ECU MotoGP. Berhubung tahun depan CRT diberantas habis, maka mereka berminat untuk mengganti pacuannya dengan motor bikinan Honda.

    “Ya, kami belum menandatangani kesepakatan tersebut sejauh ini. Jadi itu masih dalam tahap diskusi. Tapi kami sangat berharap untuk segera menandatangani kesepakatan itu. Saya belum melihat motor itu dan saya juga belum mendengar banyak hal tentang itu. Hanya saja, itu tampaknya mirip dengan prototipe Honda. Saya sangat penasaran untuk melihatnya di trek,” ujar Abraham pada kamis kemarin di Brno.

    Karel Abraham - Cardion AB

    Honda RCV versi produksi merupakan versi downgrade dari prototipe RC213V, yang secara khusus dirancang untuk tim privat di MotoGP tahun depan.

    Untuk menekan biaya produksi dan pengembangan, Honda memilih menggunakan katup spring-valve daripada pneumatik. Sementara girboksnya menggunakan versi 6-speed standar konvensional karena seamless-shift gearbox sangat mahal jika dijual.

    Regulasi MotoGP tahun depan mengharuskan setiap tim privat menggunakan sistem ECU keseluruhan dari Magneti Marelli, atas anjuran Dorna dan FIM. Sementara tim kelas kakap seperti Repsol Honda dan Yamaha Factory sepertinya masih bisa menggunakan sistem ECU dan software bikinan mereka sendiri, dengan tanda kutip. Target Honda adalah menjual RCV produksi ini untuk lima pembalap privat tahun depan, harga per unitnya 1 juta Euro.

    KOMENTAR